BERITA

Belasan Orang Tidak Gunakan Masker Dihukum Jadi Tukang Sapu

Senin, 14 September 2020   Admin   304  

                                                                                                                                                                                                                                                                    Operasi yang digelar di Taman Mangga Kota Sumbawa ini, dipimpin oleh Kasat Pol PP, melibatkan unsur TNI dan Polri, Dinas Perhubungan, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

Operasi menyasar pengendara yang tidak menggunakan masker. Hasilnya, sebanyak 19 orang terjaring. 11 diantaranya memilih kerja sosial, 2 orang membayar denda dan 6 orang diberikan teguran tertulis karena membawa masker namun tidak digunakan.

Kasat Pol PP Kabupaten Sumbawa, Sahabuddin, S.Sos, M.Si, mengatakan, kegiatan hari ini digelar sebagai langkah awal penerapan pendisiplinan protokol kesehatan. Hal ini menyusul telah diterbitkan Peraturan Daerah (Perda) Provinsi NTB nomor 07 Tahun 2020, yang ditindaklanjuti dengan terbitnya Perbup Sumbawa Nomor 43 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

“Pengguna jalan hari ini kita razia. Banyak yang tidak menggunakan masker dilakukan tindakan sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan dalam Perbup 43, yakni kerja sosial atau membayar denda sebedar Rp. 150.000 untuk perorangan. Kalau tidak mau membayar, kita suru menyapu. Tadi banyak yang menyapu,” jelasnya.

Kegiatan ini akan terus berlanjut sampai dengan tanggal 07 Oktober untuk tahap pertama. Kemudian dilanjutkan dengan merazia pelaku-pelaku usaha yang tidak menerapkan protokol kesehatan. “Ini masih untuk prorangan. Nanti kita lanjutkan untuk pelaku usaha. Denda administratif sebanyak Rp. 250.000 dan Pemberhentian Sementara. Pencabutan Izin Usaha,” terangnya.

Diharapkan, kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerepkan protokol kesehatan. Sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kabupaten Sumbawa. 

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • AKSELERASI PDRB PERKAPITA KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2023 TUMBUH POSITIF MELAMPAUI PROVINSI NTB

    Tinjauan perekonomian dapat dilihat dari dinamika Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang merupakan Nilai Tambah Bruto (NTB) seluruh barang dan jasa yang tercipta atau dihasilkan di wilayah domestik suatu negara yang timbul akibat berbagai aktivitas ekonomi dalam suatu periode tertentu tanpa memperhatikan apakah faktor produksi yang dimiliki residen atau non-residen.

    Inflasi Kabupaten Sumbawa Pada Bulan Maret 2024 mencapai 4,06 persen (year on year / y-on-y)

    Pengukuran inflasi Kabupaten Sumbawa tahun 2024 sudah dilakukan secara reguler setiap bulan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumbawa. Angka inflasi ini tentu sangat berharga dalam menopang kualitas perencanaan pembangunan Kabupaten Sumbawa.

    Penandatanganan Perjanjian Kinerja Tahun 2024 Diskominfotiksan, Langkah Mewujudkan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah

    Pejabat Administrator, Pejabat Fungsional dan Pelaksana di lingkungan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa melakukan penandatanganan Perjanjian Kinerja (PK) Tahun 2024 yang berlangsung di Ruang Rapat Utama, pada Senin (25/3/2024). Perjanjian Kinerja tersebut merupakan langkah penting dalam mewujudkan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah Dinas Kominfotiksan.