BERITA

Update Covid-19 Kabupaten Sumbawa : 10 Orang Sembuh dan Terkonfirmasi Positif Baru bertambah 18 Orang

Selasa, 19 Januari 2021   Admin   283  

Berdasarkan Data yang disampaikan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa sampai dengan hari ini Selasa tanggal 19 Januari 2021, kami sampaikan update sebagai berikut :

  1. Terkonfirmasi positif yang telah dinyatakan sembuh atau selesai dirawat bertambah 10 orang, sehingga jumlah total terkonfirmasi positif yang sembuh adalah sebanyak 690 orang atau 76,24%.
  2. Kasus terkonfirmasi positif yang masih dirawat atau masih positif sampai hari ini adalah sebanyak 162 orang atau 17,47%, dimana hari ini bertambah sebanyak 7 orang.
  3. Sedangkan yang meninggal dunia hari ini terdapat penambahan 1 orang sehingga total yang meninggal dunia terkonfirmasi positif sebanyak 53 orang atau dengan case fatality rate (CFR) sebesar 5,86% dimana proporsi ini lebih tinggi dari CFR Provinsi NTB sebesar 4,76%.
  4. Total terkonfirmasi positif sampai dengan hari ini sesuai uraian tersebut adalah sebanyak 905 orang bertambah 18 orang dengan proporsi 5,69% dari seluruh total kasus Covid-19 di Kabupaten Sumbawa.
  5. Pelaku perjalanan tercatat sebanyak 10.687 orang atau 67,17% dimana masih terdapat 5 orang yang masih menjalani masa karantina.
  6. Kasus kontak erat atau orang yang memiliki riwayat kontak dengan kasus probable atau konfirmasi Covid-19 sebanyak 3.253 orang (20,45%) dimana diantaranya sebanyak 145 orang atau 4,46% sedang menjalani karantina.
  7. Kasus Suspek / Probable tercatat sebanyak 1.060 orang dan 37 orang atau 4,49% diantaranya masih dirawat, dan tercatat pula sebanyak 6 orang meninggal dunia dari kasus Suspek/Probable
  8. Sampai dengan dikeluarkannya keterangan pers hari ini, telah tercatat akumulasi kasus Covid-19 di Kabupaten Sumbawa sebanyak 15.910 kasus atau bertambah 51 kasus sampai hari ini.

Demikian update Covid-19 hari ini, kami berharap tingkat kesembuhan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dapat terus kita tingkatkan, menekan kasus kematian case fatality rate menjadi semangat bagi kita semua untuk bersama-sama melawan Covid-19 di Kabupaten Sumbawa.

  • Hari ini dari 24 Kecamatan di Kabupaten Sumbawa terdapat 8 (tujuh) wilayah yang terbebas dari terkonfirmasi positif yaitu Lunyuk, Orong Telu. Lape, Labangka, Ropang, Batu Lanteh, Lantung dan Buer.
  • Menjelang Hari Ulang Tahun ke-62 Kabupaten Sumbawa pada tanggal 22 Januari 2021 mendatang, kita berharap cakupan sebaran terkonfirmasi positif Covid-19 akan semakin menurun dengan pola pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat, seperti pemberlakuan Work From House (WFH), pemberlakuan Belajar Dari Rumah (BDR) dan lainnya yang mengacu kepada Surat Edaran Bupati Sumbawa Nomor 360/570/XII/Pem/2020  tentang Penegasan Pendisiplinan Pelaksanaan Protokol Kesehatan oleh Perorangan, Pelaku Usaha, Pengelola, Penyelenggara, atau Penanggung Jawab Tempat dan Fasilitas Umum dalam Kegiatan Perekonomian, Sosial, Kemasyarakatan dan Keagamaan di Kabupaten Sumbawa.
  • Hari ini pula, Satpol PP Kabupaten Sumbawa kembali melakukan penyemprotan disinfektan dilokasi yg terkonfirmasi positif covid di Kampung Jawa Kelurahan Uma Sima, Kelurahan Bugis, Panto Daeng Kelurahan Brang Bara, BTN. Bukit Permai Kelurahan Seketeng Kecamatan Sumbawa dan Desa Pungka Kecamatan Unter Iwes. 
  • Atas nama Bupati Sumbawa selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa kami menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah mengikuti himbauan pemerintah dan terus disiplin menerapkan protokol kesehatan.
  • Terima kasih juga kepada seluruh petugas kesehatan sebagai garda terdepan penanganan, baik dari jajaran pemerintah kabupaten dan Kecamatan, Desa, Dusun, RT/RW juga kepada aparat TNI dan Polri serta seluruh aparat terkait lainnya.
  • Mari kita terus memperkuat kolaborasi, kerja sama dan tetap semangat untuk melakukan pembinaan, sosialisasi dan edukasi secara humanis, persuasif dan religious yang dapat membangun kesadaran bersama untuk menekan jatuhnya korban akibat Covid-19.
  • Untuk menghindari informasi yang tidak benar tentang Covid-19, masyarakat diharapkan mendapatkan informasi dari sumber-sumber resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Masyarakat dapat mengunjungi portal www.covid19.sumbawakab.go.id atau dapat mendownload Aplikasi Sumbawa New Normal untuk mengetahui Penanganan Covid-19 di Kabupaten Sumbawa.
  • Akhirnya, kami sampaikan bahwa kunci dari keberhasilan dari penanganan Covid-19 ini adalah kebersamaan dan tekad kita semua seluruh komponen masyarakat.
  • Mari kita bersama mendukung program vaksinasi COVID-19 karena keberhasilan penanganan COVID-19 merupakan keberhasilan kita bersama sebagai suatu bangsa. Siap divaksin saat vaksin siap dan tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan 3M (Memakai masker dengan benar, Menjaga jarak dan hindari kerumunan, Mencuci tangan pakai sabun dengan rutin) kapanpun dimanapun serta meningkatkan imunitas tubuh dengan olahraga, istirahat cukup dan makanan dengan gizi seimbang, dan terus bersama-sama bermunajah kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa agar pandemi ini segera berakhir.
  • Demikian keterangan pers hari ini.

 

 

Sumbawa Besar, 19 Januari 2021

 

Juru Bicara

Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa,

 

Rachman Ansori, MSE

NIP. 19740916 199302 1 001

 
  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • AKSELERASI PDRB PERKAPITA KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2023 TUMBUH POSITIF MELAMPAUI PROVINSI NTB

    Tinjauan perekonomian dapat dilihat dari dinamika Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang merupakan Nilai Tambah Bruto (NTB) seluruh barang dan jasa yang tercipta atau dihasilkan di wilayah domestik suatu negara yang timbul akibat berbagai aktivitas ekonomi dalam suatu periode tertentu tanpa memperhatikan apakah faktor produksi yang dimiliki residen atau non-residen.

    Inflasi Kabupaten Sumbawa Pada Bulan Maret 2024 mencapai 4,06 persen (year on year / y-on-y)

    Pengukuran inflasi Kabupaten Sumbawa tahun 2024 sudah dilakukan secara reguler setiap bulan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumbawa. Angka inflasi ini tentu sangat berharga dalam menopang kualitas perencanaan pembangunan Kabupaten Sumbawa.

    Penandatanganan Perjanjian Kinerja Tahun 2024 Diskominfotiksan, Langkah Mewujudkan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah

    Pejabat Administrator, Pejabat Fungsional dan Pelaksana di lingkungan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa melakukan penandatanganan Perjanjian Kinerja (PK) Tahun 2024 yang berlangsung di Ruang Rapat Utama, pada Senin (25/3/2024). Perjanjian Kinerja tersebut merupakan langkah penting dalam mewujudkan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah Dinas Kominfotiksan.