BERITA

Ketua DPRD Sumbawa Hadiri Sosialisasi Masjid Kampus dan Pusat Pembelajaran Gratis URuP

Selasa, 22 Juni 2021   Admin   274  

Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq  hadiri Undangan  Sosialisasi, Pelantikan dan Kuliah Umum  Senin (21/06), di Aula Madilaoe ADT, Lantai III Kantor Bupati Sumbawa yang diselenggarakan oleh Yayasan Peneleh Jang Oetama Regional Sumbawa.
Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Bupati Sumbawa, Drs H Mahmud Abdullah,  Dewan pembina YPJO, Dr Aji Dedi Mulawarman, Ketua yayasan YPJO, Dr Ari Kamayanti,  Kordinator YPJO regional Sumbawa Ustadz Syukri Rahmat, SAg. OPD terkait, tokoh agama, tokoh masyarakat serta tokoh pemuda yang ada di Sumbawa.
Acara sosialisasi dirangkai dengan pelantikan pengurus aktivis peneleh regional Sumbawa dan  kuliah umum kepemudaan dengan mengangkat tema "Realitas Pemuda Tanpa Jangkar Kebudayaan, (Berbudaya atau Bergaya)".
Dalam laporannya, Koordinator YPJO Regional Sumbawa, Syukri Rahmat SAg, berharap dengan kehadiran YPJO di Sumbawa dapat membawa manfaat dan keberkahan yang besar untuk kemajuan dan kemaslahatan masyarakat Kabupaten Sumbawa,  Indonesia serta dunia pada umumnya. 
Sementara itu, Dewan Pembina YPJO, Dr Aji Dedi Mulawarman, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa peneleh memiliki arti pilihan, dimana lembaga yang didedikasikan dalam menggerakkan ide dan upaya perubahan sosial kebudayaan menuju peradaban nusantara yang berketuhanan, adil, makmur dan sejahtera. 
Dijelaskannya, bahwa organisasi ini merujuk secara historis pada rumah Jang Oetama, HOS Tjokroaminoto, sang guru bangsa di jalan Peneleh, Surabaya. Bahwa dirumah itu, berkumpul anak-anak muda dan tokoh-tokoh pergerakan seperti H Agoes Salim, KH Wahab Chasbullah, Soekarno, Kartosoewirjo, Hamka,dan lain-lain, yang berdialektika dalam dialog relegiusitas dan kebangsaan dengan visi memerdekakan Nusantara dari penjajahan dunia. 
Sementara itu tentang masjid kampus dan pusat pembelajaran gratis uRup, merupakan konsep yang diambil dari falsafah Urup iku Urip (Jawa) yang artinya hidup harus tetap menyala dan memberikan kebermanfaatan bagi semesta alam. 
Dikatakannya, bahwa masjid kampus dan pusat pembelajaran gratis uRup ini dibangun sebagai sarana pendidikan non formal yang menghadirkan para Abdi guru yaitu dosen-dosen dari perguruan tinggi yang siap mewakafkan ilmunya tanpa dibayar. 
Dijelaskannya, bahwa terdapat tiga hal yang menjadi semangat YPJO dalam membangun kampus dan pusat pembelajaran gratis uRuf. Adapun ketiga hal tersebut yaitu panggilan spiritualitas, panggilan kebangsaan dan panggilan moralitas. 
Dalam kesempatan itu, Bupati Sumbawa, Drs H Mahmud Abdullah, sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi masjid kampus dan pusat pembelajaran gratis uRup di Daerah ini, tepatnya di Desa Kelawis, Kecamatan Orong Telu. 
Menurutnya,  yayasan ini sangat concern dengan pendidikan, keagamaan dan kebangsaan yang tentunya sangat dibutuhkan di Kabupaten Sumbawa. Untuk itu, dirinya berharap kegiatan ini juga disosialisasikan di lokasi tempat pembangunan masjid kampus dan pusat pembelajaran gratis uRup dengan melibatkan camat dan kepala desa. 
"Kegiatan apapun yang akan dilaksanakan agar selalu melibatkan camat dan kepala desa, sebab mereka adalah perpanjangan tangan dari Pemerintah Daerah di tingkat kecamatan," terangnya. 
Lebih lanjut, Bupati menyampaikan agar kegiatan ini dapat diperlihatkan dalam tindakan nyata, sehingga masyarakat mendapatkan edukasi dari contoh-contoh yang diberikan.

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • AKSELERASI PDRB PERKAPITA KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2023 TUMBUH POSITIF MELAMPAUI PROVINSI NTB

    Tinjauan perekonomian dapat dilihat dari dinamika Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang merupakan Nilai Tambah Bruto (NTB) seluruh barang dan jasa yang tercipta atau dihasilkan di wilayah domestik suatu negara yang timbul akibat berbagai aktivitas ekonomi dalam suatu periode tertentu tanpa memperhatikan apakah faktor produksi yang dimiliki residen atau non-residen.

    Inflasi Kabupaten Sumbawa Pada Bulan Maret 2024 mencapai 4,06 persen (year on year / y-on-y)

    Pengukuran inflasi Kabupaten Sumbawa tahun 2024 sudah dilakukan secara reguler setiap bulan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumbawa. Angka inflasi ini tentu sangat berharga dalam menopang kualitas perencanaan pembangunan Kabupaten Sumbawa.

    Penandatanganan Perjanjian Kinerja Tahun 2024 Diskominfotiksan, Langkah Mewujudkan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah

    Pejabat Administrator, Pejabat Fungsional dan Pelaksana di lingkungan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa melakukan penandatanganan Perjanjian Kinerja (PK) Tahun 2024 yang berlangsung di Ruang Rapat Utama, pada Senin (25/3/2024). Perjanjian Kinerja tersebut merupakan langkah penting dalam mewujudkan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah Dinas Kominfotiksan.