BERITA

Tiga Badan Publik Di Sumbawa Terima Penghargaan Benderang Informasi Publik 2019

Kamis, 07 November 2019   Admin   270  

Sebanyak tiga Badan Publik di Sumbawa menerima penghargaan Benderang Informasi Publik dari Komisi Informasi (KI) Provinsi Nusa Tenggara Barat pada gelaran Gebyar DBIP di Ballroom Hotel Lombok Raya, Mataram, Kamis (7/11). Tiga Badan Publik tersebut yaitu Desa Hijrah Kecamatan Lape, SMAN 1 Sumbawa dan Puskesmas Unit II Sumbawa.

Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Gubernur dan Wakil Gubernur NTB saat Jumpa Bang Zul – Umi Rohmi (Jangzulmi) Edisi Spesial Gebyar DBIP yang disaksikan tidak kurang dari seribu lima ratus peserta kegiatan yaitu Kepala Desa, Kepala Sekolah, Kepala Puskesmas, Camat, dan PPID Kabupaten/Kota se-Provinsi NTB. Penghargaan Benderang Informasi Publik ini diberikan kepada Desa dan Unit Layanan Dasar Bidang Pendidikan dan Kesehatan atas beberapa kriteria penilaian, antara lain memiliki kelembagaan PPID yang dibuktikan dengan SK PPID, memiliki website yang aktif untuk mengumumkan informasi publik dan terlibat aktif dalam kegiatan PPID Kabupaten/Kota.

Ketua KI NTB, Hendriadi SE, ME dalam laporannya mengatakan, kegiatan Gerakan Bersama Layanan Dasar dan Desa menuju Benderang Informasi Publik (Gebyar DBIP) merupakan puncak dari seluruh kegiatan yang dilakukan KI NTB. Kegiatan ini menghadirkan tidak kurang dari 1.500 Badan Publik se-NTB, yang terdiri dari 303 kepala sekolah, 158 kepala Puskesmas dan 1.100 kepala desa dan lurah.
Menurutnya, Kegiatan Gebyar DBIP ini dihajatkan untuk membumikan informasi publik sampai ke desa, sekolah dan puskesmas yang menjadi unit layanan terdepan dalam rangka mencapai visi kesejahteraan yang sedang dibangun bersama di NTB. Kegiatan ini juga diharapkan mampu menjadi penguat untuk semakin mendorong keterbukaan informasi publik di NTB.

Adapun nama desa lainnya yang mendapatkan penghargaan serupa yaitu, Desa Rupe, Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima; Kelurahan Rite, Kecamatan Mpunda, Kota Bima; Desa Mekar Sari, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat; Desa Montong Gamang, Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah; Desa Sapugara Bree, Kecamatan Brang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat; Desa Sori Sakolo, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu; Desa Gondang, Kabupaten Lombok Utara; Desa Kumbang, Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur, dan Kelurahan Dasan Agung Baru, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram.

Sementara Sekolah yang mendapatkan penghargaan di antaranya SMKN 1 Woha, Kabupaten Bima; SMAN 1 Kota Bima; SMAN 1 Gerung, Kabupaten Lombok Barat; SMAN 1 Praya, Kabupaten Lombok Tengah; SMAN 2 Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat; SMKN 1 Dompu; SMAN 1 Tanjung, Kabupaten Lombok Utara; SMKN 1 Selong, Kabupaten Lombok Timur; dan SMAN 5 Mataram. Sedangkan Puskesmas yang mendapatkan penghargaan yaitu, Puskesmas Palibelo Kabupaten Bima; UPT. Puskesmas Penanae, Kota Bima; Puskesmas Gerung, Kecamatan Gerung; Puskesmas Batunyala; Puskesmas Taliwang; Puskesmas Dompu Barat, Kecamatan Woja; Puskesmas Senaru; Puskesmas Denggen, Kecamatan Selong dan Puskesmas Cakranegara. (ra/mckabsumbawa)

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Penandatanganan Perjanjian Kinerja Tahun 2024 Diskominfotiksan, Langkah Mewujudkan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah

    Pejabat Administrator, Pejabat Fungsional dan Pelaksana di lingkungan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa melakukan penandatanganan Perjanjian Kinerja (PK) Tahun 2024 yang berlangsung di Ruang Rapat Utama, pada Senin (25/3/2024). Perjanjian Kinerja tersebut merupakan langkah penting dalam mewujudkan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah Dinas Kominfotiksan.

    FGD SUMBAWA DALAM ANGKA 2024: SINERGI PENGELOLAAN DATA, BADAN PUSAT STATISTIK DAN DINAS KOMINFOTIKSAN KABUPATEN SUMBAWA

    Publikasi Kabupaten Sumbawa dalam Angka dan sinergi pengelolaan data didukung oleh peran instansi dan organisasi perangkat daerah lingkup Kabupaten Sumbawa sebagai sumber data sekunder.

    IPM Kabupaten Sumbawa 2023 Terus Melaju dan Melampaui Target RPJMD

    Kinerja Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sumbawa terus menunjukkan trend positif, dimana pada 2023, meningkat 0,97 point dari tahun 2022 menjadi 71,68. Secara kualitatif, angka IPM Kabupaten Sumbawa berada pada kriteria “Tinggi”.