BERITA

Sempat Naik, Harga Minyak Goreng Mulai Stabil

Jumat, 14 Januari 2022   Admin   337  
Harga minyak goreng di Kabupaten Sumbawa dalam beberapa pekan lalu sempat mengalami peningkatan. Namun dari pantauan yang dilakukan Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (KUKM Perindag) setempat, harga saat ini diketahui sudah stabil. Sebagaimana disampaikan Kabid Perdagangan Dinas KUKM Perindag Kabupaten Sumbawa, Iwan Setiawan, S.P., M.Si, pantauan terakhir, harga minyak goreng Rp 22 ribu per liter. Harga tersebut adalah harga yang cukup normal di pasaran. Sebab, dilihat dari beberapa pekan lalu, hanya ada kenaikan sekitar Rp 2 ribu sampai Rp 3 ribu dari harga normal. “Pekan lalu masih di harga Rp 22 ribu itu. Pekan sebelumnya yang sempat terjadi lonjakan dalam masa Nataru itu. Sekarang sudah stabil,” ungkapnya. Adapun sebelumnya, diakuinya, harga sekitar Rp 18 ribu per liter. Adanya kenaikan secara nasional lebih ke arah bahan baku dari minyak goreng itu sendiri. Terkait harga yang sekarang berada di angka Rp 22 ribu, itu hal yang biasa, Sehingga pihaknya belum berencana melakukan operasi pasar. “Ini hal yang biasa. Operasi pasar belum kita perlu adakan. Dan kami juga berkoordinasi dengan para distributor minyak goreng termasuk layanan layanan pengecer yang secara luas kita sampaikan untuk tetap lebih memantau perkembangan distribusinya,” terangnya. Pemerintah pusat kini telah menginstruksikan untuk penjualan minyak goreng satu harga. Saat ini pihaknya masih menunggu petunjuk pelaksanaan (juklak) yang mengatur tentang penetapan harga satu harga tersebut. “Pemerintah kemarin menginstruksikan untuk satu harga di minyak goreng. Kalau tidak salah Rp 14 ribu per liter untuk satu harga. Kita belum terima petunjuk pelaksanaan untuk lebih luas. Karena itu baru pekan kemarin diinstruksikan Presiden untuk satu harga. Kita akan langsung tanggapi nanti apabila sudah ada ketentuan-ketentuan yang mengatur itu,” pungkasnya.
  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • AKSELERASI PDRB PERKAPITA KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2023 TUMBUH POSITIF MELAMPAUI PROVINSI NTB

    Tinjauan perekonomian dapat dilihat dari dinamika Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang merupakan Nilai Tambah Bruto (NTB) seluruh barang dan jasa yang tercipta atau dihasilkan di wilayah domestik suatu negara yang timbul akibat berbagai aktivitas ekonomi dalam suatu periode tertentu tanpa memperhatikan apakah faktor produksi yang dimiliki residen atau non-residen.

    Inflasi Kabupaten Sumbawa Pada Bulan Maret 2024 mencapai 4,06 persen (year on year / y-on-y)

    Pengukuran inflasi Kabupaten Sumbawa tahun 2024 sudah dilakukan secara reguler setiap bulan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumbawa. Angka inflasi ini tentu sangat berharga dalam menopang kualitas perencanaan pembangunan Kabupaten Sumbawa.

    Penandatanganan Perjanjian Kinerja Tahun 2024 Diskominfotiksan, Langkah Mewujudkan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah

    Pejabat Administrator, Pejabat Fungsional dan Pelaksana di lingkungan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa melakukan penandatanganan Perjanjian Kinerja (PK) Tahun 2024 yang berlangsung di Ruang Rapat Utama, pada Senin (25/3/2024). Perjanjian Kinerja tersebut merupakan langkah penting dalam mewujudkan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah Dinas Kominfotiksan.