BERITA

Untuk Penguatan dan Penjaminan Kualitas Statistik Perangkat Daerah, Dinas Kominfotiksandi Kabupaten Sumbawa Gelar Rapat Pembinaan Statistik Sektoral

Rabu, 07 September 2022   JUFRIE, S.Si, M.M   544  

Pada Rabu (7/92/2022), Dinas Kominfotiksandi melaksanakan rapat di Aula Hasan Usman Kantor Bupati Sumbawa. Rapat bertemakan “Pembinaan Statistik Sektoral Kabupaten Sumbawa” dibuka secara resmi oleh Asisten Administrasi Umum, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Bapak Ir. Dirmawan. Dalam sambutantannya, Asisten Administrasi Umum menyampaikan apresiasi yang tinggi untuk seluruh Perangkat Daerah dan Kepala BPS yang telah meluangkan waktu pada rapat dalam rangka mewujudkan tata kelola statistik sebagai perwujudan amanah Satu Data Indonesia (SDI) sesuai dengan Perpres No. 39 Tahun 2019. Lebih lanjut Asisten memaparkan, bahwa perbaikan kualitas data penting dan rangkaian peningkatan kapasitas harus terus dilakukan, mengingat perwujudan ketersediaan data dari Satu Data adalah bahwa data dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses, berbagi pakai untuk instansi pusat dan daerah, dan transparansi. Perumusan kebijakan daerah sendiri harus berlandaskan data, sehingga data yang berkualitas harus diwujudkan bersama. Perwujudan data berkualitas, efisien, dan efektif adalah peran kita, yakni Perangkat Daerah sebagai produsen data, lebih-lebih upaya untuk menghasilkan data yang baik dan berkualitas, serta mudah dimengerti (data yang mudah dibaca), pungkas Asisten Administrasi Umum.

Pada kegiatan rapat ini mengahadirkan narasumber Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumbawa, Bapak Akhmad Zammiluny, M.M dan Sekretaris Dinas Kominfotiksandi Kabupaten Sumbawa, Bapak Jufrie, S.Si., MM. Kepala BPS Kabupaten Sumbawa menyampaikan pemaparan Statistik Sektoral, sedangkan Sekretaris Dinas Kominfotiksandi memaparkan Indikator Kinerja Urusan Statistik dan hasil Evaluasi Kegiatan Statistik Sketoral.

Kegiatan Rapat Pembinaan Statistik Sektoral dihadiri oleh Analsis Perencana dan pejabat terkait pengelolaan data Perangkat Daerah Kabupaten Sumbawa. Sekretaris Diskominfotiksandi Kabupaten Sumbawa, Bapak Jufrie, S.Si., M.M pada kesempatan tersebut memaparkan bahwa Dinas Kominfotiksandi sebagai Wali Data dan BPS sebagai pembina statistik di tingkat Kabupaten Sumbawa memiliki kepentingan besar dalam kegiatan ini.

Penjelasan teknis terkait statistik sektoral oleh Kepala Badan Pusat Statistik, Bapak Akhmad Zammiluny, M.M menarik beberapa poin penting bahwa data itu berdampak luas, salah satunya pada kebijakan. Kebutuhan masyarakat terkait data sudah bervariasi dan masyarakat berharap data tersebut langsung tersedia cepat menjadi tantangan buat kita bersama. Kuncinya adalah pada sinergi dalam penyelenggaraan Satu Data Indonesia (SDI) berdasarkan Perpres No. 39 Tahun 2019. Beberapa aplikasi statistik yang dapat dimanfaatkan Perangkat Daerah khususnya dan masyarakat pada umumnya adalah Romantik, Si Rusa, dan e-Sigma. Aplikasi ini di antaranya berfungsi pada penyediaan metadata untuk menghindari duplikasi data, sambung Kepala BPS Kabupaten Sumbawa.

Pada kesempatan ini juga didemonstrasikan penggunaan aplikasi Romantik (Rekomendasi Statistik) oleh tim BPS dan Diskominfotiksandi.

Pada akhir kegiatan, Sekdis Kominfotiksadi, Bapak Jufrie, S.Si, M.M menyampaikan beberapa agenda lanjutan meliputi penyusunan metadata dan updating Sigma-Sumbawa dan penggunaan aplikasi Romantik untuk memperoleh rekomendasi survei statistik sectoral. Pada sesi ini, Sekdis Kominfotiksadi menutup kegiatan rapat secara resmi. (jk-yi)

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Kadis Kominfotiksandi Kabupaten Sumbawa Hadiri Penandatanganan Serentak Dokumen Pinjam Pakai Lahan BTS BAKTI di Makassar

    Sehubungan dengan Pelaksanaan Program Penyediaan dan Pembangunan Infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) BAKTI serta Infrastruktur Pendukungnya, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) mengundang pemerintah daerah dalam penandatanganan dokumen pinjam pakai lahan Base Transceiver Station (BTS) BAKTI. Penandatanganan dokumen ini dilaksanakan secara serentak yang langsung disaksikan Direktur Utama BAKTI Fadhilah Mathar di Jasmine Hall, Claro Hotel Jl AP Pettarani, Makassar, Kamis (18/7/2024).

    TREND POSITIF INDEKS MASYARAKAT DIGITAL (IMDI) KABUPATEN SUMBAWA

    Indeks Masyarakat Digital Kabupaten Sumbawa terus meningkat. Hal ini ditunjukkan berdasarkan data survey Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI) Kementerian Kominfo, Indeks Masyarakat Digital Kabupaten Sumbawa bergerak dari angka 37,52 pada tahun 2022, meningkat menjadi 41,28 pada tahun 2024.