BERITA

Diskominfotiksandi Kabupaten Sumbawa Laksanakan FGD Peningkatan Kapasitas Produsen Data untuk Penyusunan Metadata

Kamis, 22 September 2022   JUFRIE, S.Si, M.M   77  

Rabu (21/09/2022) pagi, bertempat di Ruang Asisten Administrasi Umum, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, dilaksanakan rangkaian Focus Group Discussion (FGD) memperkuat koordinasi dan kerjasama Produsen Data dan Wali Data di Kabupaten Sumbawa. Kegiatan dipandu oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa, Ibu Trikaryati, S.Sos yang dalam pengatarnya menyampaikan bahwa maksud dari kegiatan ini adalah meningkatkan portofolio data dalam hal ketersediaan metadata statistik sektoral yang diprosuksi perangkat daerah, sedangkan tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman tata cara dan mekanisme penyusunan metadata kegiatan/indikator/variabel statistik sektoral dan tata cara pengelolaan metadata statistik sektoral sebagai rujukan statistik dalam menunjang pelayanan sehingga dapat bermanfaat bagi pengguna data secara luas. Lebih lanjut Kadis Kominfotik menyampaikan sasaran kegiatan adalah tersusunnya metadata statistik sektoral masing-masing perangkat daerah sesuai daftar data statistik sectoral serta terpenuhinya kualitas data sesuai metadata dan standar data yang harus disediakan perangkat daerah.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Asisten Administrasi Umum, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Bapak Ir. Dirmawan. Dalam sambutan pembukaan, Asisten Administrasi Umum menekankan pentingnya statistik bagi perencanaan, pelaksanaan, pamantauan, dan evaluasi penyelenggaraan berbagai kegiatan di segenap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam pembangunan. Dan karenanya Diskominfotiksandi pengampuh urusan statistik harus terus melakukan Koordinasi, Integrasi, Sinkronisasi, dan Standardisasi serta menyediakan rujukan statistik agar data sectoral yang dihasil memenuhi karakteristik terntentu meliputi penyusunan metadata, sambung Asisten.

Pemateri utama pada FGD Penyusunan Metadata adalah Sekretaris Diskominfotiksandi, Bapak Jufrie, S.Si., MM yang memberikan pemaparan terkait tata kelola dan Proses bisnis data dan penyelenggaraan statistic sectoral, pemetaan data sectoral perangkat daerah dan asistensi metadata statistik sektoral perangkat daerah. (jk)

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • EVALUATOR PROGRAM SMART CITY, TEKANKAN PROPORSI ANGGARAN TEKNOLOGI INFORMATIKA KABUPATEN SUMBAWA

    Bupati Sumbawa diwakili Asisten III (Administrasi Umum) Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Ir. Dirmawan bersama seluruh jajaran OPD Kabupaten Sumbawa mengikuti kegiatan Evaluasi Implementasi Program Smart City Tahun 2022 secara virtual di Ruang Rapat Asisten Administrasi Umum, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa pada Selasa (04/10).

    Pembahasan Review Renstra 2021-2026 Diskominfotiksandi

    Sumbawa Besar (26/9/2022), Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa mengikuti Pembahasan Review Renstra 2021-2026 Diskominfotiksandi bertempat di ruang rapat Bidang Pengembangan Perencanaan Bappeda Kabupaten Sumbawa.

    Dalam Rangka Penguatan Pelaksanaan Statistik Sektoral, Diskominfotiksandi Gelar Focus Group Discussion Statistik Sektoral Perangkat Daerah

    Kebijakan Satu Data Indonesia  berdasarkan Perpres No. 39 Tahun 2019 merupakan kebijakan tata kelola data Pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan dibagi pakaikan.