BERITA

Diskominfotiksandi Kabupaten Sumbawa Laksanakan FGD Peningkatan Kapasitas Produsen Data untuk Penyusunan Metadata

Kamis, 22 September 2022   JUFRIE, S.Si, M.M   268  

Rabu (21/09/2022) pagi, bertempat di Ruang Asisten Administrasi Umum, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, dilaksanakan rangkaian Focus Group Discussion (FGD) memperkuat koordinasi dan kerjasama Produsen Data dan Wali Data di Kabupaten Sumbawa. Kegiatan dipandu oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa, Ibu Trikaryati, S.Sos yang dalam pengatarnya menyampaikan bahwa maksud dari kegiatan ini adalah meningkatkan portofolio data dalam hal ketersediaan metadata statistik sektoral yang diprosuksi perangkat daerah, sedangkan tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman tata cara dan mekanisme penyusunan metadata kegiatan/indikator/variabel statistik sektoral dan tata cara pengelolaan metadata statistik sektoral sebagai rujukan statistik dalam menunjang pelayanan sehingga dapat bermanfaat bagi pengguna data secara luas. Lebih lanjut Kadis Kominfotik menyampaikan sasaran kegiatan adalah tersusunnya metadata statistik sektoral masing-masing perangkat daerah sesuai daftar data statistik sectoral serta terpenuhinya kualitas data sesuai metadata dan standar data yang harus disediakan perangkat daerah.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Asisten Administrasi Umum, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Bapak Ir. Dirmawan. Dalam sambutan pembukaan, Asisten Administrasi Umum menekankan pentingnya statistik bagi perencanaan, pelaksanaan, pamantauan, dan evaluasi penyelenggaraan berbagai kegiatan di segenap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam pembangunan. Dan karenanya Diskominfotiksandi pengampuh urusan statistik harus terus melakukan Koordinasi, Integrasi, Sinkronisasi, dan Standardisasi serta menyediakan rujukan statistik agar data sectoral yang dihasil memenuhi karakteristik terntentu meliputi penyusunan metadata, sambung Asisten.

Pemateri utama pada FGD Penyusunan Metadata adalah Sekretaris Diskominfotiksandi, Bapak Jufrie, S.Si., MM yang memberikan pemaparan terkait tata kelola dan Proses bisnis data dan penyelenggaraan statistic sectoral, pemetaan data sectoral perangkat daerah dan asistensi metadata statistik sektoral perangkat daerah. (jk)

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • AKSELERASI PDRB PERKAPITA KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2023 TUMBUH POSITIF MELAMPAUI PROVINSI NTB

    Tinjauan perekonomian dapat dilihat dari dinamika Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang merupakan Nilai Tambah Bruto (NTB) seluruh barang dan jasa yang tercipta atau dihasilkan di wilayah domestik suatu negara yang timbul akibat berbagai aktivitas ekonomi dalam suatu periode tertentu tanpa memperhatikan apakah faktor produksi yang dimiliki residen atau non-residen.

    Inflasi Kabupaten Sumbawa Pada Bulan Maret 2024 mencapai 4,06 persen (year on year / y-on-y)

    Pengukuran inflasi Kabupaten Sumbawa tahun 2024 sudah dilakukan secara reguler setiap bulan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumbawa. Angka inflasi ini tentu sangat berharga dalam menopang kualitas perencanaan pembangunan Kabupaten Sumbawa.

    Penandatanganan Perjanjian Kinerja Tahun 2024 Diskominfotiksan, Langkah Mewujudkan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah

    Pejabat Administrator, Pejabat Fungsional dan Pelaksana di lingkungan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa melakukan penandatanganan Perjanjian Kinerja (PK) Tahun 2024 yang berlangsung di Ruang Rapat Utama, pada Senin (25/3/2024). Perjanjian Kinerja tersebut merupakan langkah penting dalam mewujudkan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah Dinas Kominfotiksan.