Kepala Dinas Kominfotiksandi Kabupaten Sumbawa, Bapak Drs. Hasanuddin memimpin langsung pelaksanaan Rapat Penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Renja PD) Tahun 2024. Kegiatan berlangsung selama dua hari yaitu pada hari Jumat (19/05/2023) dan Senin (22/05/2023) di Ruang Rapat Diskominfotiksandi. Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Dinas dan Kepala Bidang serta Pejabat Fungsional lingkup Diskominfotiksandi. Kegiatan ini dipandu langsung oleh Kepala Diskominfotiksandi yang ditujukan untuk menyelaraskan dan menyamakan persepsi dalam penyusunan dokumen perencanaan yang memuat program dan kegiatan yang diperlukan untuk mencapai sasaran perangkat daerah Diskominfotiksandi Kabupaten Sumbawa. Kepala Dinas Diskominfotiksandi menjelaskan bahwa penyusunan dokumen Renja Perangkat Daerah ini diarahkan untuk menyesuaikan program dan kegiatan yang mendukung RPJMD dan Renstra serta 10 program unggulan. Selain itu, juga untuk sinkronisasi prioritas program, jelas Kadis.
Lebih teknis, Sekdis Kominfotiksandi menyampaikan bahwa Rancangan awal Renja ini langsung diinput dalam SIPD merupakan bahan untuk pembahasan tingkat selanjutnya. Penginputan SIPD sendiri selambatnya pada awal minggu ketiga Bulan Mei ini, sehingga diharapkan kepada seluruh Kepala Bidang dapat segera menyusun rencana pelaksanaan kegiatan yang dikelola terkait urusannya, lanjut Sekdis. Selanjutnya, Pengelola Program Diskominfotiksandi diharapkan setelah kegiatan ini, penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Renja PD) Tahun 2024 dapat segera menuangkan dalam sistem SIPD sekaligus mengevaluasi, sehingga Renja sebagai salah satu dokumen perencanaan dapat tersusun sesuai timeline yang dipersyaratkan. (jk)
Logo Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sumbawa dirancang untuk menyampaikan pesan utama, yaitu optimisme. Pesan ini selaras dengan moto HUT: "Memantapkan fondasi menuju Sumbawa unggul, maju, dan sejahtera dalam semangat kebersamaan dan berkelanjutan."
Kemajuan teknologi yang semakin canggih diera sekarang menjadi jembatan yang menghubungkan masyarakat dengan kemudahan baik itu dalam ranah perbelanjaan online, telekomunikasi, dan pembuatan surat menyurat berupa dokumen kependudukan. Kemajuan teknologi informasi yang pesat dengan potensi pemanfaatan yang sangat luas, menyediakan peluang bagi pengaksesan, pengelolaan, dan penggunaan teknologi informasi dalam jumlah yang sangat besar.
SP4N-LAPOR! (Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) adalah platform nasional yang memungkinkan masyarakat menyampaikan aspirasi, pengaduan, atau keluhan terkait pelayanan publik secara daring. Di Kabupaten Sumbawa, implementasi SP4N-LAPOR! dikelola oleh Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiksandi) Kabupaten Sumbawa. Dengan adanya saluran pengaduan yang terintegrasi, pemerintah daerah dapat lebih responsif dalam menindaklanjuti keluhan masyarakat, sehingga kualitas pelayanan publik dapat ditingkatkan. SP4N-LAPOR! memungkinkan masyarakat memantau proses penanganan pengaduan mereka, mendorong transparansi dan akuntabilitas dalam pemerintahan daerah.