BERITA

Penduduk Perempuan Kabupaten Sumbawa Memiliki Peluang Hidup Lebih Panjang Dibandingkan Laki-Laki

Rabu, 07 Agustus 2024   Jufrie   250  

Angka harapan hidup (AHH) penduduk Kabupaten Sumbawa secara linier terus melaju semakin meningkat. Rata-rata  Angka Harapan Hidup penduduk Kabupaten Sumbawa per tahun 2023 adalah 72,41 (72-73 tahun). Hal ini terlihat dari publikasi yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumbawa dalam rilis Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sumbawa, dimana UHH merupakan komponen pembentuk IPM pada sisi derajat kesehatan.

BPS mencatat Angka Harapan Hidup (AHH) penduduk Kabupaten Sumbawa sebesar 72,41 tahun pada 2023 yang berada di atas AHH Provinsi NTB yang mencapai 72,02. Angka ini meningkat 0,38 tahun dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebesar 72,02 tahun. Sehingga jika dilihat trennya, angka harapan hidup penduduk Kabupaten Sumbawa terus mengalami peningkatan.

Jumlah penduduk dan angka harapan hidup penduduk ini merupakan hasil estimasi yang merujuk pada data Sensus Penduduk (SP) 2020 yang memperhatikan perubahan tingkat kelahiran, kematian, dan perpindahan penduduk. Selain itu, AHH adalah perkiraan rata-rata jumlah tahun seseorang dapat hidup sejak lahir yang juga merupakan metrik untuk menilai kesehatan suatu masyarakat

Menelisik lebih dalam dengan menggunakan data terpilah yaitu berdasarkan jenis kelamin laki-laki dan perempuan, Angka Harapan Hidup antara laki-laki dengan perempuan di Kabupaten Sumbawa sedikit memiliki perbedaan atau kesenjangan. Berdasarkan data BPS Kabupaten Sumbawa, Angka Harapan Hidup penduduk laki-laki tahun 2023 sebesar 66,60, sementara penduduk perempuan mencapai 70,57. Tampak bahwa laki-laki mempunyai peluang hidup lebih pendek dibandingkan perempuan atau penduduk perempuan memiliki Angka Harapan Hidup yang lebih panjang dibandingkan laki-laki. Merujuk pada data tersebut, kesenjangan umur antara penduduk laki-laki dan penduduk perempuan Kabupaten Sumbawa mencapai kisaran 4 tahun.

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Pemasangan 55 Titik Akses Internet BAKTI di Kabupaten Sumbawa mulai dikerjakan

    amis, 5 September 2024 – Kepala Diskominfotiksan Kabupaten Sumbawa yang diwakili Kepala Bidang Teknologi Informatika, Heri Kusmanto, S.Sos.,M.M menerima kunjungan silaturrahim dari Koordinator Lapangan dari PT. Paramitra Inti Mega selaku vendor yang akan memasang 55 titik akses internet di Kabupaten Sumbawa sebagai mitra Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo RI. FHADZ FEMBRYANT selaku Koordinator Lapangan untuk wilayah Nusa Tenggara Barat menyatakan bahwa silaturrahim ini sekaligus koordinasi dan konsolidasi awal sebelum melakkan pekerjaan instalasi di lapangan.

    Fenomena Indikator Demografi: Sex Ratio Penduduk Kabupaten Sumbawa Terus Tergerus Turun

    Jumlah penduduk Kabupaten Sumbawa diperkirakan terus bertambah hingga mencapai enam ratus ribu lebih pada tahun 2035. Hal ini berdasarkan proyeksi jumlah penduduk oleh Badan Pusat Statistik dan menjadi basis data dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Sumawa 2025-2045

    Inflasi y-on-y Kabupaten Sumbawa Pada Bulan Juli 2024 Sebesar 1,14 persen

    Berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumbawa,(1/8/2024), sebagaimana dikutip dari Berita Resmi Statistik (BRS), pada Juli 2024 terjadi inflasi year on year (y-on-y) Kabupaten Sumbawa sebesar 1,14 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 105,65. Angka ini merupakan angka inflasi tahunan dari periode Juli 2023 dengan IHK 104,46 pada Juli 2023.. Sedangkan perkembangan month to month (m-to-m) yang merupakan perkembangan dari periode bulan lalu (Juni 2024) terjadi deflasi sebesar 0,29, persen. Begitu juga pada pekembangan year to date (y-to-d) sebagai kumulatif dari 1 Januari – 31 Juli 2024 ini terjadi deflasi sebesar 1,19 persen.