BERITA

Sumbawa Deklarasikan Pilkada Damai, Terapkan Protokol Kesehatan

Jumat, 11 September 2020   Admin   308  

Bakal pasangan calon bupati dan wakil serta seluruh lapisan masyarakat menggelar deklarasi Pilkada damai dengan menerapkan protokol kesehatan dalam setiap tahapan. Deklarasi yang diinisiasi Polres Sumbawa ini, dilaksanakan di Lapangan Apel Mapolres Sumbawa, Kamis, 10 September 2020.

Kegiatan dipimpin Kapolres Sumbawa, dihadiri Bupati Sumbawa yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Aparatur, Ketua DPRD, Dandim, Pimpinan BUMN, Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa, Partai Politik, KPU, Bawaslu, Tokoh Agama, serta Tokoh Masyarakat.

Kapolres Sumbawa, AKBP Widy Saputra, SIK menyampaikan, deklarasi ini dilakukan karena dalam Pilkada, pengerahan massa sangat  rentan terjadinya pelanggaran protokol kesehatan. Untuk itu, pihaknya mengajak stake holder, pemerintah daerah, KPU, Bawaslu, Paslon, Parpol, Toga, Toma, dan masyarakat secara umum, untuk memahami dan mematuhi protokol kesehatan.  Sehingga nantinya pengerahan massa tidak terlalu banyak. “Ini kegiatan deklarasi penerapan protokol kesehatan, gunakan masker, jaga jarak, hindari kerumunan. Karena dalam Pilkada, pengerahan massa menjadi rentan pelanggaran protokol kesehatan,” terangnya.

Diungkapkannya,  pihaknya sudah menyiapkan pasukan untuk pengamanan.  Tentunya pasukan disiapkan sesuai dengan situasi dan tingkat kerawananan. Nantinya yang paling banyak pasukan dikerahkan pada pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yakni sekitar 1.050 orang. “Yang jelas setiap tahapan memiliki kerawanan masing-masing. Ada kerawanan penularan covid, ada juga kerawanan konflik. Itu semuanya kita sesuaikan dengan pengerahan pasukan,” tukasnya.

Seperti diketahui, dalam deklarasi yang dipandu Wakapolres Sumbawa, Kompol Fauzan Widi, SH, peserta menyampaikan secara tegas siap menyelenggarakan pilkada dengan protokol kesehatan. Wajib menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak dan hindari kerumunan.  Selain itu juga siap mewujudkan Pilkada damai dan mencegah covid-19. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan papan deklarasi, cuci tangan serentak, dan vicon bersama Wakapolri. Selain itu juga dilakukan pembagian 75.000 masker di lima titik di Kota Sumbawa Besar.

 

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • AKSELERASI PDRB PERKAPITA KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2023 TUMBUH POSITIF MELAMPAUI PROVINSI NTB

    Tinjauan perekonomian dapat dilihat dari dinamika Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang merupakan Nilai Tambah Bruto (NTB) seluruh barang dan jasa yang tercipta atau dihasilkan di wilayah domestik suatu negara yang timbul akibat berbagai aktivitas ekonomi dalam suatu periode tertentu tanpa memperhatikan apakah faktor produksi yang dimiliki residen atau non-residen.

    Inflasi Kabupaten Sumbawa Pada Bulan Maret 2024 mencapai 4,06 persen (year on year / y-on-y)

    Pengukuran inflasi Kabupaten Sumbawa tahun 2024 sudah dilakukan secara reguler setiap bulan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumbawa. Angka inflasi ini tentu sangat berharga dalam menopang kualitas perencanaan pembangunan Kabupaten Sumbawa.

    Penandatanganan Perjanjian Kinerja Tahun 2024 Diskominfotiksan, Langkah Mewujudkan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah

    Pejabat Administrator, Pejabat Fungsional dan Pelaksana di lingkungan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa melakukan penandatanganan Perjanjian Kinerja (PK) Tahun 2024 yang berlangsung di Ruang Rapat Utama, pada Senin (25/3/2024). Perjanjian Kinerja tersebut merupakan langkah penting dalam mewujudkan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah Dinas Kominfotiksan.