BERITA

Sumbawa Deklarasikan Pilkada Damai, Terapkan Protokol Kesehatan

Jumat, 11 September 2020   Admin   33  

Bakal pasangan calon bupati dan wakil serta seluruh lapisan masyarakat menggelar deklarasi Pilkada damai dengan menerapkan protokol kesehatan dalam setiap tahapan. Deklarasi yang diinisiasi Polres Sumbawa ini, dilaksanakan di Lapangan Apel Mapolres Sumbawa, Kamis, 10 September 2020.

Kegiatan dipimpin Kapolres Sumbawa, dihadiri Bupati Sumbawa yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Aparatur, Ketua DPRD, Dandim, Pimpinan BUMN, Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa, Partai Politik, KPU, Bawaslu, Tokoh Agama, serta Tokoh Masyarakat.

Kapolres Sumbawa, AKBP Widy Saputra, SIK menyampaikan, deklarasi ini dilakukan karena dalam Pilkada, pengerahan massa sangat  rentan terjadinya pelanggaran protokol kesehatan. Untuk itu, pihaknya mengajak stake holder, pemerintah daerah, KPU, Bawaslu, Paslon, Parpol, Toga, Toma, dan masyarakat secara umum, untuk memahami dan mematuhi protokol kesehatan.  Sehingga nantinya pengerahan massa tidak terlalu banyak. “Ini kegiatan deklarasi penerapan protokol kesehatan, gunakan masker, jaga jarak, hindari kerumunan. Karena dalam Pilkada, pengerahan massa menjadi rentan pelanggaran protokol kesehatan,” terangnya.

Diungkapkannya,  pihaknya sudah menyiapkan pasukan untuk pengamanan.  Tentunya pasukan disiapkan sesuai dengan situasi dan tingkat kerawananan. Nantinya yang paling banyak pasukan dikerahkan pada pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yakni sekitar 1.050 orang. “Yang jelas setiap tahapan memiliki kerawanan masing-masing. Ada kerawanan penularan covid, ada juga kerawanan konflik. Itu semuanya kita sesuaikan dengan pengerahan pasukan,” tukasnya.

Seperti diketahui, dalam deklarasi yang dipandu Wakapolres Sumbawa, Kompol Fauzan Widi, SH, peserta menyampaikan secara tegas siap menyelenggarakan pilkada dengan protokol kesehatan. Wajib menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak dan hindari kerumunan.  Selain itu juga siap mewujudkan Pilkada damai dan mencegah covid-19. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan papan deklarasi, cuci tangan serentak, dan vicon bersama Wakapolri. Selain itu juga dilakukan pembagian 75.000 masker di lima titik di Kota Sumbawa Besar.

 

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Dinas Dikbud Sumbawa Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka di 47 SMP

    Sebanyak 47 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Sumbawa akan melaksanakan uji coba pembelajaran tatap muka dalam masa covid-19. Uji coba tersebut mulai dilakukan pada Senin, 21 September pekan depan.

    Total Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 di NTB Tembus 3.006 Orang

    Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTB mencat tambahan 19 kasus baru terkonfirmasi positif dan 20 pasien sembuh, dan 3 pasien meninggal dunia, Rabu, 16 September 2020. Sehingga jumlah pasien positif Covid-19 di Provinsi NTB sampai hari ini sebanyak 3.006 orang, dengan perincian 2.388 orang sudah sembuh, 177 meninggal dunia, serta 441 orang masih positif.

    Sensus Day 2020, Upaya memastikan Pencacahan Penduduk Secara Menyeluruh

    Sebagai bagian dari pelaksanaan Sensus Penduduk 2020, tanggal 15 September 2020 ditetapkan menjadi Sensus Day 2020 yang secara nasional dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Sensus Day yang dilaksanakan setiap event sensus penduduk dihajatkan sebagai time line acuan pencacahan terhadap sasaran penduduk di luar formasi pencacahan normal. Walaupun di tengah suasana pandemi Covid-19, pelaksanaan Sensus Day terus diupayakan secara konsisten dengan menggunakan protocol kesehatan yang ditetapkan.