BERITA

Wabup Sumbawa Hadiri Deklarasi Kecamatan Lape sebagai Kecamatan STBM Pertama di Sumbawa

Rabu, 07 Juli 2021   Admin   89  

 Upaya Pemerintah Daerah untuk mengatasi berbagai persoalan sanitasi di Kabupaten Sumbawa terus berlanjut. Salah satunya adalah dengan menggalakkan penerapan 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di seluruh wilayah Kabupaten Sumbawa. Dan, Kecamatan Lape pada hari ini Rabu (7/7/2021) bertempat di Lapangan Voli Desa Labuhan Kuris mendeklarasikan diri sebagai kecamatan dengan predikat STBM Pertama di Kabupaten Sumbawa.

Deklarasi Kecamatan Lape sebagai kecamatan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat). STBM adalah suatu pendekatan yang menekankan pada perubahan perilaku hidup bersih dan sehat dengan melibatkan masyarakat sebagai subjek pembangunan yang berperan aktif dalam proses pengambilan keputusan.

Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd., yang hadir pada acara deklarasi tersebut mengapresiasi capaian Pemerintah Kecamatan dan seluruh masyarakat Kecamatan Lape, yang telah mampu membangun kesadaran tentang urgensi sanitasi dalam kehidupan sehari-hari, sehingga Kecamatan Lape berhasil menuntaskan persoalan sanitasi dan layak dideklarasikan sebagai kecamatan STBM.

Wabup berharap keberhasilan ini dapat diikuti oleh kecamatan-kecamatan lainnya sehingga Kabupaten Sumbawa secara keseluruhan dapat terbebas dari berbagai persoalan sanitasi. Terlebih di masa pandemi, Wabup juga berharap masyarakat untuk tetap menjaga pola hidup sehat, diantaranya dengan tidak buang air besar sembarangan dan rutin mencuci tangan dengan baik.

“Dengan STBM, diharapkan masyarakat dapat secara perlahan dan independen berpola sehat dan bersih dalam prikehidupannya sehari-hari. Bila masyarakat kita sehat, maka tentu saja daerah menjadi kuat. Bila daerah kuat, insyaa Allah Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban akan ada dalam genggaman kita semua,” pungkas Wabup.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh yang mewakili Forkompimda, Perangkat Daerah terkait, Kapolsek Lape, Danramil Lape serta beberapa Camat dan beberapa Kepala Desa, serta Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa. Sebelumnya Camat Lape Elvi Wahyuni, SH menyampaikan sambutan selamat datang dan laporan STBM di Kecamatan Lape. (ra/mckabsumbawa)

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Deklarasi Desa Lopok Kecamatan Lopok sebagai Desa STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat)

    Sumbawa Besar - Mewakili Bupati Sumbawa, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan, Syahruddin, S.H., menghadiri acara Deklarasi Desa Lopok Kecamatan Lopok sebagai Desa STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) pada Kamis pagi, (23/9) di Lapangan Garuda Desa Lopok.

    Pemda Sumbawa Anggarkan Rp 445 Juta untuk Rapid Test CASN

    Sumbawa - Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Sumbawa telah menuntaskan proses verifikasi, terhadap usulan anggaran pelaksanaan Rapid Test Antigen peserta seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (PNS dan PPPK) 2021.

    APBD Perubahan Sumbawa 2021 telah di Ketok

    Sumbawa Besar - DPRD Kabupaten Sumbawa menyetujui penetapan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Sumbawa tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Sumbawa Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2021 Menjadi Peraturan Daerah (Perda).