BERITA

Wabup Sumbawa Hadiri Deklarasi Kecamatan Lape sebagai Kecamatan STBM Pertama di Sumbawa

Rabu, 07 Juli 2021   Admin   649  

 Upaya Pemerintah Daerah untuk mengatasi berbagai persoalan sanitasi di Kabupaten Sumbawa terus berlanjut. Salah satunya adalah dengan menggalakkan penerapan 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di seluruh wilayah Kabupaten Sumbawa. Dan, Kecamatan Lape pada hari ini Rabu (7/7/2021) bertempat di Lapangan Voli Desa Labuhan Kuris mendeklarasikan diri sebagai kecamatan dengan predikat STBM Pertama di Kabupaten Sumbawa.

Deklarasi Kecamatan Lape sebagai kecamatan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat). STBM adalah suatu pendekatan yang menekankan pada perubahan perilaku hidup bersih dan sehat dengan melibatkan masyarakat sebagai subjek pembangunan yang berperan aktif dalam proses pengambilan keputusan.

Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd., yang hadir pada acara deklarasi tersebut mengapresiasi capaian Pemerintah Kecamatan dan seluruh masyarakat Kecamatan Lape, yang telah mampu membangun kesadaran tentang urgensi sanitasi dalam kehidupan sehari-hari, sehingga Kecamatan Lape berhasil menuntaskan persoalan sanitasi dan layak dideklarasikan sebagai kecamatan STBM.

Wabup berharap keberhasilan ini dapat diikuti oleh kecamatan-kecamatan lainnya sehingga Kabupaten Sumbawa secara keseluruhan dapat terbebas dari berbagai persoalan sanitasi. Terlebih di masa pandemi, Wabup juga berharap masyarakat untuk tetap menjaga pola hidup sehat, diantaranya dengan tidak buang air besar sembarangan dan rutin mencuci tangan dengan baik.

“Dengan STBM, diharapkan masyarakat dapat secara perlahan dan independen berpola sehat dan bersih dalam prikehidupannya sehari-hari. Bila masyarakat kita sehat, maka tentu saja daerah menjadi kuat. Bila daerah kuat, insyaa Allah Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban akan ada dalam genggaman kita semua,” pungkas Wabup.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh yang mewakili Forkompimda, Perangkat Daerah terkait, Kapolsek Lape, Danramil Lape serta beberapa Camat dan beberapa Kepala Desa, serta Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa. Sebelumnya Camat Lape Elvi Wahyuni, SH menyampaikan sambutan selamat datang dan laporan STBM di Kecamatan Lape. (ra/mckabsumbawa)

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • AKSELERASI PDRB PERKAPITA KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2023 TUMBUH POSITIF MELAMPAUI PROVINSI NTB

    Tinjauan perekonomian dapat dilihat dari dinamika Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang merupakan Nilai Tambah Bruto (NTB) seluruh barang dan jasa yang tercipta atau dihasilkan di wilayah domestik suatu negara yang timbul akibat berbagai aktivitas ekonomi dalam suatu periode tertentu tanpa memperhatikan apakah faktor produksi yang dimiliki residen atau non-residen.

    Inflasi Kabupaten Sumbawa Pada Bulan Maret 2024 mencapai 4,06 persen (year on year / y-on-y)

    Pengukuran inflasi Kabupaten Sumbawa tahun 2024 sudah dilakukan secara reguler setiap bulan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumbawa. Angka inflasi ini tentu sangat berharga dalam menopang kualitas perencanaan pembangunan Kabupaten Sumbawa.

    Penandatanganan Perjanjian Kinerja Tahun 2024 Diskominfotiksan, Langkah Mewujudkan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah

    Pejabat Administrator, Pejabat Fungsional dan Pelaksana di lingkungan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa melakukan penandatanganan Perjanjian Kinerja (PK) Tahun 2024 yang berlangsung di Ruang Rapat Utama, pada Senin (25/3/2024). Perjanjian Kinerja tersebut merupakan langkah penting dalam mewujudkan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah Dinas Kominfotiksan.