BERITA

Evaluasi Pembangunan, Bupati Minta Capaian 2021 Dipertahankan

Kamis, 13 Januari 2022   Admin   359  
Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah meminta capaian pembangunan tahun 2021 dapat dipertahankan pada 2022 ini. Seperti peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), WTP hingga capaian Standar Pelayanan Minimal (SPM). Sebagaimana harapan Bupati dalam Rakor dan Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan tahun 2021 dan Pemantapan Rencana Pembangunan daerah tahun 2022, kepada pimpinan OPD dapat bekerja dengan sungguh-sungguh. Kepada Camat, diharapkan juga dapat mensosialisasikan 10 program unggulan Pemerintah Kabupaten Sumbawa yang harus dikerjakan hingga tahun 2024. Lebih lanjut, Bupati mengatakan, IPM Kabupaten Sumbawa terus meningkat dan pada tahun 2021mencapai 68,10. Selain itu, Kabupaten Sumbawa juga berhasil meraih opini WTP dari BPK untuk yang ke-9 kalinya secara berturut-turut dan berhasil mempertahankan predikat B untuk nilai SAKIP Kabupaten. “Saya harapkan capaian ini dapat kita pertahankan, bahkan dapat kita tingkatkan lagi,”ujarnya. Terkait implementasi Standar Pelayanan Minimal (SPM), Bupati menyebutkan SPM bidang pendidikan mencapai 98 persen. Kemudian SPM Kesehatan 66 persen, SPM PUPR 81 persen, SPM Perumahan 87 persen, SPM Trantibum Linmas 94 persen dan SPM Sosial 100 Persen. “Implementasi SPM Kabupaten Sumbawa terbaik di NTB sejak 2019. SPM kesehatan menurun sebagai akibat dari ada pembatasan sosial pasca covid-19, sehingga angka kunjungan ke fasilitas pelayanan kesehatan menurun,”tambahnya. Sebelumnya, Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd memaparkan secara detail 10 Program Unggulan Pemkab Sumbawa. Wabup berharap 10 program unggulan ini benar-benar dikawal dan diimplementasikan untuk tau dan tana Samawa. “Mudah-mudahan tahun 2022 program-program yang pernah kami janjikan saat kampanye dulu dapat terealisasi, dan covid-19 segera berlalu, sehingga pemulihan ekonomi di Kabupaten Sumbawa kembali normal. Oleh karenanya, Kita harus berkolaborasi dan bersinergi untuk mewujudkan Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban,”demikian Wabup.
  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • AKSELERASI PDRB PERKAPITA KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2023 TUMBUH POSITIF MELAMPAUI PROVINSI NTB

    Tinjauan perekonomian dapat dilihat dari dinamika Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang merupakan Nilai Tambah Bruto (NTB) seluruh barang dan jasa yang tercipta atau dihasilkan di wilayah domestik suatu negara yang timbul akibat berbagai aktivitas ekonomi dalam suatu periode tertentu tanpa memperhatikan apakah faktor produksi yang dimiliki residen atau non-residen.

    Inflasi Kabupaten Sumbawa Pada Bulan Maret 2024 mencapai 4,06 persen (year on year / y-on-y)

    Pengukuran inflasi Kabupaten Sumbawa tahun 2024 sudah dilakukan secara reguler setiap bulan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumbawa. Angka inflasi ini tentu sangat berharga dalam menopang kualitas perencanaan pembangunan Kabupaten Sumbawa.

    Penandatanganan Perjanjian Kinerja Tahun 2024 Diskominfotiksan, Langkah Mewujudkan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah

    Pejabat Administrator, Pejabat Fungsional dan Pelaksana di lingkungan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa melakukan penandatanganan Perjanjian Kinerja (PK) Tahun 2024 yang berlangsung di Ruang Rapat Utama, pada Senin (25/3/2024). Perjanjian Kinerja tersebut merupakan langkah penting dalam mewujudkan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah Dinas Kominfotiksan.