BERITA

Terima Penganugerahan “Kabupaten Informatif”, KIP di Sumbawa Semakin Baik

Kamis, 09 Desember 2021   Admin   292  

Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah menerima penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Provinsi NTB yang diserahkan langsung Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, Kamis, 9 Desember 2021 di Ballroom Kenanga Hotel Grand Legi Mataram.

 

Dari 10 Kabupaten/Kota di Provinsi NTB, Kabupaten Sumbawa berada di urutan ke-6 dengan jumlah nilai 90,74 dan berhasil masuk dalam kualifikasi Informatif. Urutan pertama diraih Kabupaten Lombok Tengah dengan jumlah nilai 97,94, diikuti Kota Mataram pada posisi kedua dengan jumlah nilai 97,37, Kabupaten Lombok Timur pada posisi ke-3 dengan jumlah nilai 97,11, dilanjutkan Kabupaten Lombok Barat pada posisi ke-4 dengan jumlah nilai 96,94, dan Kota Bima pada posisi ke-5 dengan jumlah nilai 93,43, semuanya berada pada kualifikasi Informatif. Selanjutnya pada posisi ke-7, diraih Kabupaten Sumbawa Barat dengan jumlah nilai 90,29 masih dalam kualifikasi informatif. Adapun untuk kualifikasi Menuju Informatif diraih Kabupaten Dompu pada posisi ke-8 dan Kabupaten Bima pada posisi ke-9, dengan jumlah nilai masing-masing 84,96 dan 80,92. Selanjutnya untuk posisi ke-10 diisi Kabupaten Lombok Utara dengan jumlah nilai 52,80 dengan kualifikasi Kurang Informatif.

Badan Publik yang memperoleh penghargaan tersebut telah mengikuti tahapan penilaian Komisi Informasi Provinsi NTB dan berhasil lolos pada 10 nilai terbaik.Tahap penilaian yang diikuti yakni Tahap 1 Penilaian Website yang merupakan Penilaian penyampaian Informasi Wajib Disediakan dan Diumumkan secara Berkala website Badan Publik. Tahap 2 Pengisian SAQ yakni Penilaian Kuesioner Mandiri, yang mana Badan Publik melakukan penilaian mandiri dengan menggunakan instrument kuesioner (Self Assesment Questionnare). Tahap 3 Penilaian SAQ yakni Komisi Informasi Provinsi NTB melakukan evaluasi serta memberikan bobot penilaian SAQ untuk menetapkan Badan Publik yang diyatakan mengikuti tahap presentasi dan verifikasi. Dan Tahap ke 4 Presentasi dan Verifikasi yakni Penetapan Badan Publik yang mengikuti tahapan presentasi dan verifikasi.

 
  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • AKSELERASI PDRB PERKAPITA KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2023 TUMBUH POSITIF MELAMPAUI PROVINSI NTB

    Tinjauan perekonomian dapat dilihat dari dinamika Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang merupakan Nilai Tambah Bruto (NTB) seluruh barang dan jasa yang tercipta atau dihasilkan di wilayah domestik suatu negara yang timbul akibat berbagai aktivitas ekonomi dalam suatu periode tertentu tanpa memperhatikan apakah faktor produksi yang dimiliki residen atau non-residen.

    Inflasi Kabupaten Sumbawa Pada Bulan Maret 2024 mencapai 4,06 persen (year on year / y-on-y)

    Pengukuran inflasi Kabupaten Sumbawa tahun 2024 sudah dilakukan secara reguler setiap bulan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumbawa. Angka inflasi ini tentu sangat berharga dalam menopang kualitas perencanaan pembangunan Kabupaten Sumbawa.

    Penandatanganan Perjanjian Kinerja Tahun 2024 Diskominfotiksan, Langkah Mewujudkan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah

    Pejabat Administrator, Pejabat Fungsional dan Pelaksana di lingkungan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa melakukan penandatanganan Perjanjian Kinerja (PK) Tahun 2024 yang berlangsung di Ruang Rapat Utama, pada Senin (25/3/2024). Perjanjian Kinerja tersebut merupakan langkah penting dalam mewujudkan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah Dinas Kominfotiksan.