BERITA

Capaian Vaksinasi di Kabupaten Sumbawa Disebut Paling Cepat dari Yang Lainnya

Kamis, 16 Desember 2021   Admin   662  
Capaian vaksinasi dosis pertama dan kedua di Kabupaten Sumbawa disebut paling cepat dibanding tiga kabupaten lain yang ada di pulau Sumbawa. Bupati Sumbawa menyatakan berdasarkan data yang diinformasikan Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Sumbawa capaian vaksinasi di wilayahnya bisa mencapai 2.000 - 5.000 dosis per hari. "Jadi sangat wajar bila Kabupaten Sumbawa vaksinasinya paling tercepat di Pulau Sumbawa. Targetnya besok bisa tercapai herd imunity vaksinasi dosis satu 70 persen. Dosis kedua juga bisa 50 persen segera," kata Haji Mo, panggilan akrab Mahmud Abdullah, Rabu (15/12/2021). Bupati Sumbawa menargetkan vaksinasi dosis pertama sebesar 70 persen untuk memenuhi herd imunity pada pekan ketiga Desember 2021 termasuk vaksinasi dosis kedua bisa mencapai 50 persen. "Alhamdulillah jumlah warga Kabupaten Sumbawa yang menerima vaksin baik dosis pertama dan kedua semakin meningkat. Bahkan kini pelaksanaan vaksinasi kian gencar dan masif untuk memenuhi target 70 persen sebagai syarat herd imunity," kata Bupati Sumbawa. Mahmud Abdullah menyatakan sangat sangat terbantu dengan upaya simultan dari Badan Intelijen Nasional Daerah (BINDa) NTB yang secara getol sejak September 2021 melaksanakan vaksinasi "door to door" secara merata di sepuluh kabupaten dan kota. Sementara itu, Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) NTB Wahyudi Adisiswanto mengapresiasi atas capaian kecepatan vaksinasi yang dilakukan Pemkab Sumbawa dibandingkan satu bulan yang lalu. "Upaya bersama BINDa NTB dan Pemkab Sumbawa serta TNI-Polri telah membawa dampak positif dengan langkah jemput bola sistem vaksinasi "door to door" serta masif termasuk sosialisasi telah mampu memberikan persepsi positif sehingga warga Sumbawa kini berduyun-duyun untuk ikut vaksinasi. Padahal 1-2 bulan yang lalu warga masih takut divaksin, kini perspektif itu telah berubah dan saya melihat sendiri faktanya," kata Wahyudi. BINDa NTB, kata Wahyudi, akan terus bersinergi dan tetap mendorong pencapaian vaksinasi NTB termasuk di wilayah Pulau Sumbawa secara maksimal. "Dari Sumbawa, Tim Satgas Vaksinasi BINDa NTB juga akan bergerak ke Dompu serta Bima yang progres vaksinasinya perlu didorong peningkatannya. Upaya simultan-bersinergi ini bila dilakukan serempak akan berbuah maksimal," kata Alumnus Fakultas Pertanian Universitas Jember tersebut. Lebih jauh Wahyudi menerangkan bahwa BIN berperan dalam memotivasi seluruh komponen dalam akselerasi vaksinasi di seluruh daerah di Indonesia Wahyudi menambahkan khusus untuk program vaksinasi yang diinisiasi BINDa NTB di Kabupaten Sumbawa saat ini diharapkan bisa menghabiskan 1.700 dosis vaksin yang disediakan. "Jumlah yang sama juga akan dilakukan di Dompu dan Bima yang juga akan kita kunjungi dalam pekan ini," katanya.
  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Dalam Rangka Memperkuat Kerangka Implementasi Smart City Kabupaten Sumbawa, Diskominfotiksandi Menggelar Review Dokumen Master Plan Smart City

    Bertempat di Ruang Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa, Kepala Dinas, Bapak Drs. Hasanuddin memimpin pembahasan dokumen review Master Plan Smart City Kabupaten Sumbawa yang disiapkan oleh Bidang Teknologi Informatika selaku pengampuh yang diikuti oleh seluruh Kepala Bidang lingkup Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa, pada Senin (29/4/2024). Lebih lanjut, Kadis menyampaikan, “penyusunan dokumen review Masterplan Smart City Kabupaten Sumbawa, juga menjadi pemenuhan dalam menghadapi evaluasi tahunan Program 100 Smart City tahun 2024 ini, “ujar Kadis.

    Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) Kabupaten Sumbawa 2024

    Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumbawa mulai melaksanakan assisment EPSS tahun 2024. Tahapan EPSS ini dilakukan Badan Pusat Statistik selaku Pembina data Statistik sektoral. Kegiatan ini merupakan upaya penguatan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan dibagi-pakaikan antar Instansi Pemerintah, selain itu Penguatan Sistem Statistik Nasional (SSN) melalui penyelenggaraan statistik dasar, statistik sektoral, dan statistik khusus untuk menghasilkan data statistik berkualitas serta Pencapaian sasaran RB Nasional “Birokrasi yang bersih dan akuntabel” melalui pembangunan data pemerintah untuk digunakan dalam penyusunan kebijakan berbasis data/fakta.

    AKSELERASI PDRB PERKAPITA KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2023 TUMBUH POSITIF MELAMPAUI PROVINSI NTB

    Tinjauan perekonomian dapat dilihat dari dinamika Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang merupakan Nilai Tambah Bruto (NTB) seluruh barang dan jasa yang tercipta atau dihasilkan di wilayah domestik suatu negara yang timbul akibat berbagai aktivitas ekonomi dalam suatu periode tertentu tanpa memperhatikan apakah faktor produksi yang dimiliki residen atau non-residen.