BERITA

Evaluasi Pembangunan, Bupati Minta Capaian 2021 Dipertahankan

Kamis, 13 Januari 2022   Admin   378  
Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah meminta capaian pembangunan tahun 2021 dapat dipertahankan pada 2022 ini. Seperti peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), WTP hingga capaian Standar Pelayanan Minimal (SPM). Sebagaimana harapan Bupati dalam Rakor dan Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan tahun 2021 dan Pemantapan Rencana Pembangunan daerah tahun 2022, kepada pimpinan OPD dapat bekerja dengan sungguh-sungguh. Kepada Camat, diharapkan juga dapat mensosialisasikan 10 program unggulan Pemerintah Kabupaten Sumbawa yang harus dikerjakan hingga tahun 2024. Lebih lanjut, Bupati mengatakan, IPM Kabupaten Sumbawa terus meningkat dan pada tahun 2021mencapai 68,10. Selain itu, Kabupaten Sumbawa juga berhasil meraih opini WTP dari BPK untuk yang ke-9 kalinya secara berturut-turut dan berhasil mempertahankan predikat B untuk nilai SAKIP Kabupaten. “Saya harapkan capaian ini dapat kita pertahankan, bahkan dapat kita tingkatkan lagi,”ujarnya. Terkait implementasi Standar Pelayanan Minimal (SPM), Bupati menyebutkan SPM bidang pendidikan mencapai 98 persen. Kemudian SPM Kesehatan 66 persen, SPM PUPR 81 persen, SPM Perumahan 87 persen, SPM Trantibum Linmas 94 persen dan SPM Sosial 100 Persen. “Implementasi SPM Kabupaten Sumbawa terbaik di NTB sejak 2019. SPM kesehatan menurun sebagai akibat dari ada pembatasan sosial pasca covid-19, sehingga angka kunjungan ke fasilitas pelayanan kesehatan menurun,”tambahnya. Sebelumnya, Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd memaparkan secara detail 10 Program Unggulan Pemkab Sumbawa. Wabup berharap 10 program unggulan ini benar-benar dikawal dan diimplementasikan untuk tau dan tana Samawa. “Mudah-mudahan tahun 2022 program-program yang pernah kami janjikan saat kampanye dulu dapat terealisasi, dan covid-19 segera berlalu, sehingga pemulihan ekonomi di Kabupaten Sumbawa kembali normal. Oleh karenanya, Kita harus berkolaborasi dan bersinergi untuk mewujudkan Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban,”demikian Wabup.
  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Tingkatkan Inklusi Keuangan dan Literasi Keuangan Digital, Pengelola PPID Kabupaten Sumbawa Ikuti Training of Trainer Literasi Keuangan Digital, OJK NTB

    Perkembangan teknologi semakin mendorong peningkatan inovasi di sektor keuangan di Indonesia, di mana hal ini membutuhkan respons kebijakan yang tepat dan didukung oleh literasi masyarakat yang baik. Masyarakat harus dapat memahami karakteristik produk keuangan digital, yang mencakup manfaat, risiko, biaya, hak dan kewajiban konsumen, serta memastikan legalitas pihak penyedia layanan keuangan adalah hal penting sebelum menggunakan layanan keuangan digital. Otoritas Jasa Keuangan terus meningkatkan literasi digital masyarakat dalam upaya lebih memahami dan mengadopsi teknologi baru dengan cepat sehingga dapat meningkatkan inklusi keuangan masyarakat dengan tetap dapat memitigasi risiko dari penyelenggaraan keuangan digital.

    Diskominfotiksandi Kabupaten Sumbawa Fasilitasi Komisi Informasi NTB, Laksanakan Sosialiasi dan Bimbingan Teknis bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama dan PPID Desa

    Komisi Informasi NTB melaksanakan kegiatan Sosialiasi dan Bimbingan Teknis bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama dan PPID Desa, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa, pada Rabu (15/05/2024).

    Sinergi BPSDMP KOMINFO Surabaya dan Diskominfotiksandi Kabupaten Sumbawa Gelar Focus Group Discussion (FGD) “Pengembangan SDM Digital”

    Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Kementerian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP KOMINFO) Surabaya, menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan perangkat daerah Kabupaten Sumbawa, pada Selasa (14/05/2024). Focus Group Discussion (FGD) tersebut mengangkat tema “Pengembangan SDM Digital” yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Nusa Tenggara Barat dan kepala perangkat daerah Kabupaten Sumbawa meliputi Kepala Dinas Kominfotiksandi, Kepala BKPSDM, Kepala Bappeda. Agenda FGD tersebut berlangsung di Ruang Rapat Hasan Usman Lantai 1 Kantor Bupati Sumbawa.