BERITA

PUNAHNYA ERA KOTAK SARAN MENUJU ERA BARU SISABAR

Senin, 24 Januari 2022   Khairun Nazar   3688  

Kotak saran adalah suatu fasilitas yang digunakan untuk mengumpulkan keluhan, kritik, atau saran yang ditulis di secarik kertas oleh pelanggan, anggota suatu lembaga, atau masyarakat umum. Kotak saran bertujuan untuk menangani pengaduan, pemrosesan respon atas pengaduan tersebut, umpan balik dan laporan penanganan pengaduan yang di sampaikan melalui kotak saran yang ada.

Pemasangan kotak saran pada kantor layanan publik di Indonesia diatur dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia No.76 Tahun 2013 Tentang pengaduan layanan publik. Hal serupa juga tercantum dalam Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang pelayanan publik,dalam hal ini disebut sebagai sebagai kotak pengaduan.

Kotak saran memiliki manfaat yang sangat besar bagi masyarakat dalam memberikan pengadua, penilaian serta evaluasi terhadap layanan yang di berikan oleh pemberi pelayanan dalam hal ini UGD Puskesmas Kecamatan Sumbawa Unit 1.

Pada era modern seperti saat ini pemanfaatan kotak saran sudah jarang di temukan di karenakan beberapa factor seperti pandemic covid19 sehingga menjadikankecendrungan masyarakat memberikan kritik melalui social media dan kurangnya minat dalam menulis saran secara manual di kotak saran untuk mencegah kontak fisik yang mengakibatkan penyebaran covid 19.

Apabila keadaan seperti di atas berlajut, menjadi kekhawatiran penulis terhadap cara penyampaian pendapat dan saran yang salah dari penerima layanan karena langsung berkomentar di social media di sebabkan oleh tidak adanya media penyampain saran yang meminimalkan penyebaran covid 19. Oleh karena itu penulis di sini tertarik membahas sebuah inovasi yang penulis buat sendiri sebagai wadah penyaluran saran darimasyarakat kepada instansi pemerintah selaku penyedia layanan public.

Inovasi yang penulis buat adalah inovasi sistim saran barcode atau biasa di sebut SISABAR.Inoovasi SISABAR ini telah di aplikasikan di UPT Puskesmas Kecamatan Sumbawa Unit 1 sebagai pengganti dari kotak saran dan telah berhasil mengganti kotak saran serta berhasil menampung saran saran dari masyarakat bahkan dapat mengetahui apakah maysarakat puas atau tidakterkait layanan yang di berikan.

Selain itu SISABAR juga dapat menampilkan laporan bulanan terkait saran dari masyarakat dalam bentuk ms.excel dan juga dalam betuk grafik yang mudah di baca.seperti pada gambar di bawah ini.

Keefektifan penggunaan SISABAR yang telah di buktikan oleh UPT Puskesmas Kecamatan Sumbawa Unit 1 dapat menjadi salah satu referensi bagi pemerintah daerah untuk menjadikan SISABAR salah satu wadah penyaluran saran dari masyarakat terkait pelayanan yang di berikan tanpa takut tertular covid19 serta mudah di akses di manapun dan kapanpun serta dapat menjadi pengganti dari era kotak saran yang bersifat manual.

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • RENCANA KERJA DISKOMINFOTIKSANDI SUMBAWA TAHUN 2025

    Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfotiksandi) Kabupaten Sumbawa merencanakan sejumlah program unggulan untuk tahun 2025, dengan fokus pada penguatan tata kelola komunikasi, informatika, statistik, dan persandian. Rencana kerja tahun ini mengacu pada visi dan misi yang telah ditetapkan sebelumnya dan tetap sejalan dengan rencana strategis serta RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) yang akan berakhir di Tahun 2025 dan akan diperbaharui setelah pelantikan Bupati tahun 2025-2030. Diskominfotiksandi Sumbawa mempunyai visi yaitu menjadi penggerak utama dan katalisator tata Kelola urusan pemerintahan komunikasi, informatika, statistik dan persandian yang unggul dalam rangka mewujudkan visi Sumbawa Gemilang yang berkeadaban, kemudian pada misi terdapat 2 misi, yaitu pertama mewujudkan Sumbawa bersih dan melayani melalui peningkatan kapasitas dan kualitas pelayanan komunikasi, informatika, statistik dan persendian, dan kedua mewujudkan Sumbawa tangguh dan berkelanjutan melalui pembangunan dan sinergitas tata kelola komunikasi, informatika, statistik dan persandian. Strategi utama untuk mencapai visi dan misi adalah dengan menjalankan tugas dan fungsi Kominfo yang mencakup empat bidang utama: PIKP, TI, statistik, dan persandian. Beberapa strategi yang dijadikan tujuan dalam rencana kerja tahun 2025 adalah meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM, memperkuat layanan Kominfo, layanan statistik,dan layanan persandian. Meningkatkan kapasitas tata kelola data statistik sektoral, mengelola dan memanfaatkan data, serta mengintegrasikan data berbasis IT, jadi untuk mencapai tujuan ini, penting untuk memperbaiki kualitas dan menambah kualtitas SDM, meningkatkan sarana dan prasarana, serta meningkatkan kualitas layanan.

    PEMBAHASAN MENGENAI LOGO HUT KABUPATEN SUMBAWA YANG KE-66 MENGGAMBARKAN OPTIMISME

    Logo Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sumbawa dirancang untuk menyampaikan pesan utama, yaitu optimisme. Pesan ini selaras dengan moto HUT: "Memantapkan fondasi menuju Sumbawa unggul, maju, dan sejahtera dalam semangat kebersamaan dan berkelanjutan."

    ANALISIS KEGUNAAN APLIKASI BERBASIS WEB SILAMO DALAM MEMBANTU MENYEDIAKAN PELAYANAN PUBLIK

    Kemajuan teknologi yang semakin canggih diera sekarang menjadi jembatan yang menghubungkan masyarakat dengan kemudahan baik itu dalam ranah perbelanjaan online, telekomunikasi, dan pembuatan surat menyurat berupa dokumen kependudukan. Kemajuan teknologi informasi yang pesat dengan potensi pemanfaatan yang sangat luas, menyediakan peluang bagi pengaksesan, pengelolaan, dan penggunaan teknologi informasi dalam jumlah yang sangat besar.