BERITA

Harga Minyak Goreng Sudah Berlaku Rp14.000 Per Liter

Kamis, 20 Januari 2022   Admin   345  

Intervensi pemerintah terhadap tingginya harga minyak goreng boleh dibilang sudah melegakan. Harga satuan minyak goreng sesuai patokan pemerintah sudah berlaku, Rp14.000 perliter. ‘’Sudah berlaku Rp14.000 perliter, per hari ini (kemarin),” kata Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Drs. H. Fathurrahman, M. Si, Rabu, 19 Januari 2022. Pemerintah memberi penugasan kepada Asosiasi Peritel Modern Indonesia (Aprindo) di seluruh Indonesia untuk mengendalikan harga minyak goreng.

Demikian juga di Aprindo Provinsi NTB. Fathurrahman menjelaskan, penugasan masih berlaku terbatas kepada retail-retail modern berjaringan nasional semisal Alfamart dan Indomaret. Mengingat, penugasan pemerintah ini beraku antara pengusaha dengan ritel modern. “Sementara ini hanya terbatas di ritel modern saja. Kedepannya, harga minyak goreng akan berlaku sama di semua pasar secara menyeluruh,” imbuhnya. Penugasan pemerintah untuk menstabilkan harga minyak goreng dengan jaringan ritel modern ini karena dianggap daya jangkaunya hingga ke pelosok. Pemerintah daerah juga tengah merencanakan untuk menggelar operasi pasar agar target menormalisasi harga minyak goreng ini lebih cepat tercapai.

Secara bersamaan, tim dari Bidang Pengembangan Perdagangan Dalam Negeri (PPDN) Dinas Perdagangan Provinsi NTB juga melakukan pemantauan langsung ke sejumlah ritel modern. Untuk dua ritel modern yang sudah disebutkan, rata-rata harga yang diberlakukan sudah sesuai harga yang ditugaskan oleh pemerintah Rp14.000/liter. Pemantauan dilakukan di ritel-ritel modern di Kota Mataram. Tak terkecuali kepada ritel modern lokal. “Kita turun ke JB juga, tapi nampaknya di JB harga minyak goreng masih menggunakan harga sebelumnya. Mungkin karena belum dapat penugasan dari pemerintah,” ujar H. Prihatin Haryono, Kepala Bidang PPDN Dinas Perdagangan NTB, usai menggelar pemantauan harga. Pemantauan juga dilakukan ke Lotte, pusat grosir terbesar yang ada di Kota Mataram.

Dari penjelasan manajemen di Mataram, bahwa Lotte Mart juga mendapatkan penugasan dari pemerintah untuk menjual minyak goreng dengan harga Rp14.000 perliter. Akan tetapi, sebagai cabang kantor pusat, menurut manajemen, harga harus menunggu instruksi kantor pusatnya. Prihatin menambahkan, harga ini berlaku hingga enam bulan kedepannya. Sembari pemerintah terus mengupayakan pengendalian harga minyak goreng. Selama masa penugasan ini, pemerintah pusat menyiapkan triliunan rupiah untuk mensubsidi harga minyak goreng. “Pihak-pihak yang ditugaskan pemerintah ini menjual dengan harga Rp14.000 perliter. Pemerintah memberikan subsidi terhadap minyak goreng yang sudah mereka jual. Jadi tidak rugi walaupun dijual dengan harga Rp14.000,” imbuhnya.

Pemerintah daerah juga akan melakukan pengawasan terhadap pemberlakukan harga minyak goreng di ritel modern ini. sesuai hukum pasar, Prihatin meyakini harga minyak goreng dalam waktu dekat akan sama di seluruh penjual. “Hukum pasar akan berlaku. Kalau sudah ada yang jual dengan harga lebih murah. Otomatis yang lain akan mengikuti. Karena tidak mungkin konsumen akan memilih harga yang lebih tinggi,” demikian Prihatin. Seperti diketahui, melambungnya harga minyak goreng dalam beberapa waktu terakhir membuat konsumen riuh. Persoalan ini terjadi secara nasional. harga minyak goreng sudah mencapai Rp22.000 perliter. Tingginya kenaikan harga minyak goreng ini dipengaruhi kenaikan harga bahan baku secara global.

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Dalam Rangka Memperkuat Kerangka Implementasi Smart City Kabupaten Sumbawa, Diskominfotiksandi Menggelar Review Dokumen Master Plan Smart City

    Bertempat di Ruang Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa, Kepala Dinas, Bapak Drs. Hasanuddin memimpin pembahasan dokumen review Master Plan Smart City Kabupaten Sumbawa yang disiapkan oleh Bidang Teknologi Informatika selaku pengampuh yang diikuti oleh seluruh Kepala Bidang lingkup Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa, pada Senin (29/4/2024). Lebih lanjut, Kadis menyampaikan, “penyusunan dokumen review Masterplan Smart City Kabupaten Sumbawa, juga menjadi pemenuhan dalam menghadapi evaluasi tahunan Program 100 Smart City tahun 2024 ini, “ujar Kadis.

    Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) Kabupaten Sumbawa 2024

    Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumbawa mulai melaksanakan assisment EPSS tahun 2024. Tahapan EPSS ini dilakukan Badan Pusat Statistik selaku Pembina data Statistik sektoral. Kegiatan ini merupakan upaya penguatan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan dibagi-pakaikan antar Instansi Pemerintah, selain itu Penguatan Sistem Statistik Nasional (SSN) melalui penyelenggaraan statistik dasar, statistik sektoral, dan statistik khusus untuk menghasilkan data statistik berkualitas serta Pencapaian sasaran RB Nasional “Birokrasi yang bersih dan akuntabel” melalui pembangunan data pemerintah untuk digunakan dalam penyusunan kebijakan berbasis data/fakta.

    AKSELERASI PDRB PERKAPITA KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2023 TUMBUH POSITIF MELAMPAUI PROVINSI NTB

    Tinjauan perekonomian dapat dilihat dari dinamika Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang merupakan Nilai Tambah Bruto (NTB) seluruh barang dan jasa yang tercipta atau dihasilkan di wilayah domestik suatu negara yang timbul akibat berbagai aktivitas ekonomi dalam suatu periode tertentu tanpa memperhatikan apakah faktor produksi yang dimiliki residen atau non-residen.