BERITA

Membangun Komitmen Pelaksanaan Sanitasi Berbasis Masyarakat dan Manajemen Kebersihan Menstruasi (STBM MKM), PLAN INDONESIA dan Pemerintah Kabupaten Sumbawa menggelar rapat koordinasi

Kamis, 10 Februari 2022   Admin   285  
Bertempat di Aula H. Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, rakor Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Membangun Komitmen pelaksanaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat dan Manajemen Kebersihan Menstruasi (STBM MKM) di Sekolah dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Drs H.Hasan Basri MM. Dalam sambutan tertulis Bupati Sumbawa yang dibacakan sekda mengatakan, "pembangunan kesehatan merupakan bagian terpenting dari pembangunan daerah ini. Tujuan diselenggarakannya pembangunan adalah meningkatkan kesadaran,kemauan,dan kemampuan hidup sehat bagi orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal", ujarnya. "Capaian pembangunan kesehatan di Kabupaten Sumbawa saat ini sudah cukup membanggakan. Hal ini ditandai dengan meningkatnya derajat kesehatan masyarakat dari tahun ketahun, yang dapat dilihat dari indek Pembangunan manusia (IPM) Kabupaten Sumbawa". Lebih lanjut Sekda menjelaskan, kita semua bertanggung jawab melakukan pembinaan secara terus menerus agar kader-kader kesehatan yang ada di sekolah mampu dan termotivasi dalam memberikan pelayanan kesehatan di sekolah,selain itu perlu terus digalakan upaya pendidikan dan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu,sadar,terarah dan bertanggung jawab dalam menanamkan,menumbuhkan, mengembangkan serta membimbing anak-anak kita untuk menghayati,menyenangi dan melaksakan prinsip hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, jelasnya. Dalam kesempatan yang sama, terkait Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM), Sekda beranggapan bahwa pokok permasalahan pada remaja terkait MKM adalah kurangnya pengetahuan mengenai MKM dan buruknya sanitasi air. Melalui kegiatan ini, Sekda berharap agar kegiatan rakor pada hari ini dapat meningkatkan perhatian dan komitmen dari para stakeholder untuk pelaksanaan sanitasi di sekolah serta mendorong kemitraan stakeholder dengan pihak sekolah guna menyusun program pelaksanaan sanitasi sekolah. Tentunya dengan adanya sinergitas semua pihak berbagai permasalahan terkait sanitasi dan juga MKM di lingkungan Sekolah ini dapat kita hadapu secara bersama-sama, harapnya.
  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Tingkatkan Inklusi Keuangan dan Literasi Keuangan Digital, Pengelola PPID Kabupaten Sumbawa Ikuti Training of Trainer Literasi Keuangan Digital, OJK NTB

    Perkembangan teknologi semakin mendorong peningkatan inovasi di sektor keuangan di Indonesia, di mana hal ini membutuhkan respons kebijakan yang tepat dan didukung oleh literasi masyarakat yang baik. Masyarakat harus dapat memahami karakteristik produk keuangan digital, yang mencakup manfaat, risiko, biaya, hak dan kewajiban konsumen, serta memastikan legalitas pihak penyedia layanan keuangan adalah hal penting sebelum menggunakan layanan keuangan digital. Otoritas Jasa Keuangan terus meningkatkan literasi digital masyarakat dalam upaya lebih memahami dan mengadopsi teknologi baru dengan cepat sehingga dapat meningkatkan inklusi keuangan masyarakat dengan tetap dapat memitigasi risiko dari penyelenggaraan keuangan digital.

    Diskominfotiksandi Kabupaten Sumbawa Fasilitasi Komisi Informasi NTB, Laksanakan Sosialiasi dan Bimbingan Teknis bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama dan PPID Desa

    Komisi Informasi NTB melaksanakan kegiatan Sosialiasi dan Bimbingan Teknis bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama dan PPID Desa, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa, pada Rabu (15/05/2024).

    Sinergi BPSDMP KOMINFO Surabaya dan Diskominfotiksandi Kabupaten Sumbawa Gelar Focus Group Discussion (FGD) “Pengembangan SDM Digital”

    Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Kementerian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP KOMINFO) Surabaya, menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan perangkat daerah Kabupaten Sumbawa, pada Selasa (14/05/2024). Focus Group Discussion (FGD) tersebut mengangkat tema “Pengembangan SDM Digital” yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Nusa Tenggara Barat dan kepala perangkat daerah Kabupaten Sumbawa meliputi Kepala Dinas Kominfotiksandi, Kepala BKPSDM, Kepala Bappeda. Agenda FGD tersebut berlangsung di Ruang Rapat Hasan Usman Lantai 1 Kantor Bupati Sumbawa.