BERITA

’’Cross Country Samota 2022’’, Sumbawa Bisa Menjadi Pusat Motor Trail Indonesia

Senin, 18 Juli 2022   admin   890  

Dengan adanya Sirkuit Samota di Kabupaten Sumbawa, hal ini dapat menjadikan Pulau Sumbawa sebagai pusat Motor Trail di Indonesia. Hal tersebut disampaikan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, saat membuka event Cross Country Samota 2022, di Sirkuit Samota, Sumbawa, Minggu, 17 Juli 2022.

‘’Dengan adanya Sirkuit Samota, kita optimis Sumbawa akan menjadi pusat motor trail di Indonesia,’’ ujarnya seraya menambahkan, sebagai pusat motor trail, artinya masyarakat NTB harus bisa memproduksi segala macam aksesoris yang berkaitan dengan motor trail.

‘’Bisa dimulai dari produksi baju, celana, sepatu trail hingga nanti jauh ke depan masyarakat NTB dapat memproduksi motor trail sendiri. Tentu hal ini berdampak positif bagi ekonomi di daerah Sumbawa khususnya,’’ tandasnya.

Gubernur juga berharap kepada Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan stakeholder terikait, agar sirkuit ini tak hanya dijaga tetapi dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin. ‘’Selain dijaga dan ditumbuhi pepohonan, saya ingin agar Pemerintah Kabupaten Sumbawa dapat menjadikan tempat ini menjadi tempat wisata bagi masyarakat Sumbawa bahkan nasional hingga internasional,”harapnya.

Senada dengan Gubernur, Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, menyatakan kesiapannya untuk menjaga sekaligus memanfaatkan Sirkuit Samota. ‘’Kami siap menjaga dan memanfaatkannya. Kami juga merasakan dampak positif dari kehadiran sirkuit ini dari event MXGP kemarin,’’ ujarnya.

Event Cross Country Samota 2022 dirangkai dengan beberapa kegitan. Diantaranya funbike, Trabas Lintas Samota hingga Parade Vespa. Terdapat juga pembagian doorprize dengan berbagai macam hadiah yang menarik.

Koordinator Lapangan Cross Country Samota 2022, Jamaluddin, S.Sos.,M.T., mengatakan dengan hanya persiapan satu minggu, lebih dari 1000 peserta turut serta dalam ketiga kegiatan tersebut. ‘’Persiapan kami minim, namun kami bisa menghadirkan hingga ribuan peserta dan mereka sangat antusias dengan keberadaan event ini,’’ ujarnya.

Salah satu hal yang menarik dari event Cross Country Samota 2022 ini adalah, hadirnya pembalap Motocross Grand Prix (MXGP) asal Australia Nick Murray dan beberapa pembalap nasional yaitu mantan pembalap Moto2 Doni Tata Pradita dan pemenang Motorcross PON 2021 Papua, Nakami Vidi Makarim.

Hadirnya mereka turut menambah antusiasme para peserta dan penonton Cross Country Samota 2022.

Komandan Lapangan event Cross Country Samota 2022, Jamaluddin juga mengakui bahwa hadirnya pembalap ini adalah salah satu daya tarik event kali ini. ‘’Tak hanya hadir saja, mereka juga akan menjajal sirkuit secara langsung sehingga crosser-crosser lokal dapat melihat mereka dan belajar tentunya,”ucapnya.

Pembalap MXGP asal Australia Nick Murray, mengungkapkan ia sangat senang menjajal kembali Sirkuit Samota terlebih dalam event lokal yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi NTB dan Kabupaten Sumbawa.

‘’Saya sangat senang kembali lagi ke Sirkuit Samota dan mencoba lagi sirkuit ini, tentu kali ini tanpa tekanan sehingga saya menikmatinya,’’ ujarnya.

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • AKSELERASI PDRB PERKAPITA KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2023 TUMBUH POSITIF MELAMPAUI PROVINSI NTB

    Tinjauan perekonomian dapat dilihat dari dinamika Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang merupakan Nilai Tambah Bruto (NTB) seluruh barang dan jasa yang tercipta atau dihasilkan di wilayah domestik suatu negara yang timbul akibat berbagai aktivitas ekonomi dalam suatu periode tertentu tanpa memperhatikan apakah faktor produksi yang dimiliki residen atau non-residen.

    Inflasi Kabupaten Sumbawa Pada Bulan Maret 2024 mencapai 4,06 persen (year on year / y-on-y)

    Pengukuran inflasi Kabupaten Sumbawa tahun 2024 sudah dilakukan secara reguler setiap bulan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumbawa. Angka inflasi ini tentu sangat berharga dalam menopang kualitas perencanaan pembangunan Kabupaten Sumbawa.

    Penandatanganan Perjanjian Kinerja Tahun 2024 Diskominfotiksan, Langkah Mewujudkan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah

    Pejabat Administrator, Pejabat Fungsional dan Pelaksana di lingkungan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa melakukan penandatanganan Perjanjian Kinerja (PK) Tahun 2024 yang berlangsung di Ruang Rapat Utama, pada Senin (25/3/2024). Perjanjian Kinerja tersebut merupakan langkah penting dalam mewujudkan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah Dinas Kominfotiksan.