Sumbawa Besar (26/9/2022), Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa mengikuti Pembahasan Review Renstra 2021-2026 Diskominfotiksandi bertempat di ruang rapat Bidang Pengembangan Perencanaan Bappeda Kabupaten Sumbawa. Pembahasan ini sebagai tindak lanjut surat Bappeda Kabupaten Sumbawa sesuai arahan rekomendasi BPK atas Renstra OPD terkait penentuan indikator, target dan realisasi indikator tujuan, sasaran dan program perangkat daerah dan kertas kerja pendukung. Sehingga tentunya mempunyai implikasi terhadap review Renstra OPD termasuk Diskominfotiksandi.
Pembahasan Renstra Diskominfotiksandi masuk sesi kedua mulai jam 10.00–12.00 wita. Hadir dalam pembahasan ini Tim review Bappeda dan Tim Diskominfotiksandi yang dipimpin langsung Sekretaris Diskominfotiksandi – Jufrie, S.Si., MM, serta seluruh pejabat Kepala Bidang lingkup Diskominfotiksandi. Turut hadir memberikan paparan mengenai kertas kerja Review Renstra di Diskominfotiksandi, fungsional umum perencana - Yunie Indriasari, S.Sos.
Secara teknis dalam pembahasan Review Renstra Diskominfotiksandi ini akan dibahas mengenai review Sasaran PD, Indikator sasaran, Program/Kegiatan/Sub Kegiatan, sasaran/Indikator Kinerja Program/Kegiatan/Sub Kegiatan, NSPK Indikator, Formulasi, Obyek Kinerja, formulasi target kinerja tahunan.
Diharapkan dengan adanya pembahasan review Renstra 2021-2026 Diskominfotiksandi ini dapat mengsinkronisasikan dan menjabarkan seluruh kegiatan di masing – masing bidang dan Sekretariat di lingkungan Diskominfotiksandi sehingga memiliki cascading yang jelas antara semua dokumen perencanaan dan secara hirarkis terdapat keterhubungan dimana berkontribusi capaian Renstra Diskominfotiksandi dapat berkontribusi terhadap RPJMD 2021-2026 Kabupaten Sumbawa. (jk)
Logo Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sumbawa dirancang untuk menyampaikan pesan utama, yaitu optimisme. Pesan ini selaras dengan moto HUT: "Memantapkan fondasi menuju Sumbawa unggul, maju, dan sejahtera dalam semangat kebersamaan dan berkelanjutan."
Kemajuan teknologi yang semakin canggih diera sekarang menjadi jembatan yang menghubungkan masyarakat dengan kemudahan baik itu dalam ranah perbelanjaan online, telekomunikasi, dan pembuatan surat menyurat berupa dokumen kependudukan. Kemajuan teknologi informasi yang pesat dengan potensi pemanfaatan yang sangat luas, menyediakan peluang bagi pengaksesan, pengelolaan, dan penggunaan teknologi informasi dalam jumlah yang sangat besar.
SP4N-LAPOR! (Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) adalah platform nasional yang memungkinkan masyarakat menyampaikan aspirasi, pengaduan, atau keluhan terkait pelayanan publik secara daring. Di Kabupaten Sumbawa, implementasi SP4N-LAPOR! dikelola oleh Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiksandi) Kabupaten Sumbawa. Dengan adanya saluran pengaduan yang terintegrasi, pemerintah daerah dapat lebih responsif dalam menindaklanjuti keluhan masyarakat, sehingga kualitas pelayanan publik dapat ditingkatkan. SP4N-LAPOR! memungkinkan masyarakat memantau proses penanganan pengaduan mereka, mendorong transparansi dan akuntabilitas dalam pemerintahan daerah.