BERITA

DISKOMINFOTIKSANDI KABUPATEN SUMBAWA LAKSANAKAN RAPAT PENYUSUNAN RENCANA KERJA PERANGKAT DAERAH TAHUN 2024

Senin, 22 Mei 2023   JUFRIE, S.Si, M.M   286  

Kepala Dinas Kominfotiksandi Kabupaten Sumbawa, Bapak Drs. Hasanuddin memimpin langsung pelaksanaan Rapat Penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Renja PD) Tahun 2024. Kegiatan berlangsung selama dua hari yaitu pada hari Jumat (19/05/2023) dan Senin (22/05/2023) di Ruang Rapat Diskominfotiksandi. Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Dinas dan Kepala Bidang serta Pejabat Fungsional lingkup Diskominfotiksandi. Kegiatan ini dipandu langsung oleh Kepala Diskominfotiksandi yang ditujukan untuk menyelaraskan dan menyamakan persepsi dalam penyusunan dokumen perencanaan yang memuat program dan kegiatan yang diperlukan untuk mencapai sasaran perangkat daerah Diskominfotiksandi Kabupaten Sumbawa. Kepala Dinas Diskominfotiksandi menjelaskan bahwa penyusunan dokumen Renja Perangkat Daerah ini diarahkan untuk menyesuaikan program dan kegiatan yang mendukung RPJMD dan Renstra serta 10 program unggulan. Selain itu, juga untuk sinkronisasi prioritas program, jelas Kadis.

Lebih teknis, Sekdis Kominfotiksandi menyampaikan bahwa Rancangan awal Renja ini langsung diinput dalam SIPD merupakan bahan untuk pembahasan tingkat selanjutnya. Penginputan SIPD sendiri selambatnya pada awal minggu ketiga Bulan Mei ini, sehingga diharapkan kepada seluruh Kepala Bidang dapat segera menyusun rencana pelaksanaan kegiatan yang dikelola terkait urusannya, lanjut Sekdis. Selanjutnya, Pengelola Program Diskominfotiksandi diharapkan setelah kegiatan ini, penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Renja PD) Tahun 2024 dapat segera menuangkan dalam sistem SIPD sekaligus mengevaluasi, sehingga Renja sebagai salah satu dokumen perencanaan dapat tersusun sesuai timeline yang dipersyaratkan. (jk)

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Dalam Rangka Memperkuat Kerangka Implementasi Smart City Kabupaten Sumbawa, Diskominfotiksandi Menggelar Review Dokumen Master Plan Smart City

    Bertempat di Ruang Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa, Kepala Dinas, Bapak Drs. Hasanuddin memimpin pembahasan dokumen review Master Plan Smart City Kabupaten Sumbawa yang disiapkan oleh Bidang Teknologi Informatika selaku pengampuh yang diikuti oleh seluruh Kepala Bidang lingkup Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa, pada Senin (29/4/2024). Lebih lanjut, Kadis menyampaikan, “penyusunan dokumen review Masterplan Smart City Kabupaten Sumbawa, juga menjadi pemenuhan dalam menghadapi evaluasi tahunan Program 100 Smart City tahun 2024 ini, “ujar Kadis.

    Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) Kabupaten Sumbawa 2024

    Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumbawa mulai melaksanakan assisment EPSS tahun 2024. Tahapan EPSS ini dilakukan Badan Pusat Statistik selaku Pembina data Statistik sektoral. Kegiatan ini merupakan upaya penguatan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan dibagi-pakaikan antar Instansi Pemerintah, selain itu Penguatan Sistem Statistik Nasional (SSN) melalui penyelenggaraan statistik dasar, statistik sektoral, dan statistik khusus untuk menghasilkan data statistik berkualitas serta Pencapaian sasaran RB Nasional “Birokrasi yang bersih dan akuntabel” melalui pembangunan data pemerintah untuk digunakan dalam penyusunan kebijakan berbasis data/fakta.

    AKSELERASI PDRB PERKAPITA KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2023 TUMBUH POSITIF MELAMPAUI PROVINSI NTB

    Tinjauan perekonomian dapat dilihat dari dinamika Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang merupakan Nilai Tambah Bruto (NTB) seluruh barang dan jasa yang tercipta atau dihasilkan di wilayah domestik suatu negara yang timbul akibat berbagai aktivitas ekonomi dalam suatu periode tertentu tanpa memperhatikan apakah faktor produksi yang dimiliki residen atau non-residen.