BERITA

BPS Mulai Persiapkan Pengukuran untuk Analisis Dampak MXGP Samota 2023

Rabu, 24 Mei 2023   JUFRIE, S.Si, M.M   518  

Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian mengikuti rapat koorniasi persiapan Pengukuran Analisis Dampak MXGP Samota 2023 bersama BPS Provinsi NTB di Ruang Rapat Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Rabu (24/05/2023).  Pertemuan itu merupakan pertemuan awal yang mempersiapkan kegiatan teknis sehubungan pelaksanaan Pengukuran Analisis Dampak MXGP Samota 2023. 

Dalam pertemuan ini BPS Provinsi NTB melakukan koordinasi guna mendapat dukungan dan input konstruktif baik dalam hal informasi awal event MXGP maupun kemudahan pada waktu berlangsungnya event. Pembahasan difokuskan pada evaluasi pelaksanaan survey pada event MXGP tahun 2022 dan informasi teknis yang diharapkan dapat disupport pada survey tahun 2023.

Dalam pertemuan ini, tim BPS Provinsi NTB dipimpin oleh Kepala BPS Provinsi NTB Drs. Wahyuddin, MM, sementara pertemuan dipimpin dan dipandu langsung oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Sumbawa. Selain itu, hadir pula Kepala Bappeda Kabupaten Sumbawa beserta jajaran, Kepala BPS Kabupaten Sumbawa beserta jajaran, Kepala Bagian Pembangunan Setda dan Sekretaris Dinas Kominfotiksandi Kabupaten Sumbawa.

“Kolaborasi yang erat antara BPS dengan Pemda Sumbawa yang telah terjalin selama ini diharapkan dapat terus berjalan dengan baik, yang dalam kesempatan ini difokuskan pada survey pengukuran dampak MXGP 2023 di Sumbawa. Informasi yang disajikan nantinya selain terkait dampak, kita harapkan juga ada rekomendasi penting yang dapat ditindaklanjuti oleh Pemda Sumbawa,” ujar Asisten 2 dalam sambutan pengantarnya.

Kepala BPS Provinsi NTB dalam penjelasannya menekankan beberapa hal meliputi penguatan koordinasi oleh tim teknis sehubungan dengan sampel yang sangat terkait dengan target penonton yang diharapkan, dukungan tenaga survey (enumerator), keleluasaan akses surveyor nantinya di lokasi, data awal UMKM. Selain itu menurut Wahyuddin, bahwa ada perbedaan rancangan metodologi survey dimana pada tahun 2022 menggunakan pendekatan IO, sedangkan pada tahun 2023 menggunakan pendekatan IRIO.

Tim BPS Provinsi NTB maupun BPS Kabupaten Sumbawa mengharapkan adanya fasilitasi titik kumpul enumerator/surveyor untuk memudahkan pengawasan/ koodinasi dan diharapkan juga adanya pendampingan oleh tim Pemerintah Kabupaten Sumbawa. 

Pemerintah Kabupaten Sumbawa siap memberikan dukungan untuk pelaksanaan survey ini, sehingga nanti tim Bappeda dan Diskominfotiksandi secara teknis akan melakukan koordinasi intensif Bersama BPS Kabupaten Sumbawa selaku pelaksana teknis, tutup Asisten 2. (jk)

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • AKSELERASI PDRB PERKAPITA KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2023 TUMBUH POSITIF MELAMPAUI PROVINSI NTB

    Tinjauan perekonomian dapat dilihat dari dinamika Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang merupakan Nilai Tambah Bruto (NTB) seluruh barang dan jasa yang tercipta atau dihasilkan di wilayah domestik suatu negara yang timbul akibat berbagai aktivitas ekonomi dalam suatu periode tertentu tanpa memperhatikan apakah faktor produksi yang dimiliki residen atau non-residen.

    Inflasi Kabupaten Sumbawa Pada Bulan Maret 2024 mencapai 4,06 persen (year on year / y-on-y)

    Pengukuran inflasi Kabupaten Sumbawa tahun 2024 sudah dilakukan secara reguler setiap bulan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumbawa. Angka inflasi ini tentu sangat berharga dalam menopang kualitas perencanaan pembangunan Kabupaten Sumbawa.

    Penandatanganan Perjanjian Kinerja Tahun 2024 Diskominfotiksan, Langkah Mewujudkan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah

    Pejabat Administrator, Pejabat Fungsional dan Pelaksana di lingkungan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa melakukan penandatanganan Perjanjian Kinerja (PK) Tahun 2024 yang berlangsung di Ruang Rapat Utama, pada Senin (25/3/2024). Perjanjian Kinerja tersebut merupakan langkah penting dalam mewujudkan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah Dinas Kominfotiksan.