BERITA

Memantapkan Program Gerakan Smart City Indonesia, Diskominfotiksandi Kabupaten Sumbawa Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Evaluasi Smart Cyty Indonesia

Kamis, 01 Juni 2023   JUFRIE, S.Si, M.M   394  

Pemerintah Kabupaten Sumbawa masuk sebagai bagian dari program Gerakan Menuju 100 Smart Cyty Indonesia sejak tahun 2018. Dalam rangka implementasinya, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kominfo RI secara regular melakukan evaluasi Program Gerakan Smart City Indonesia, yang pada tahun ini akan dilaksanakan pada tanggal 12 -14 Juni 2023 mendatang. Dalam rangka koordinasi pemenuhan instrument evaluasi, Dinas Kominfotiksandi pada Rabu (31/5) menggelar rapat persiapan dengan melibatkan Kasub Bagian Program maupun pejabat fungsional Analis Program pada masing-masing Perangkat Daerah untuk mengetahui sejauhmana implementasi Program Smart City di Kabupaten Sumbawa sebagaimana telah tercantum dalam dokumen Masterplan Smart City Kabupaten Sumbawa 2018-2023.

Rapat persiapan dipimpin oleh Kepala Dinas Kominfotiksandi Kabupaten Sumbawa, Drs. Hasanuddin, dilaksanakan di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa dan Ruang Rapat Utama Diskominfotiksandi. Pelaksanaan rapat digelar dalam 2 (dua) sesi yang membahas tentang implementasi Program Smart City pada ke 6 (enam) dimensi yaitu smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart society, dan smart environment, dimana masing masing dimensi melibatkan beberapa Perangkat Daerah sesuai dengan tugas dan fungsi.

Pada pemaparan Kadis Kominfotiksandi, menjelaskan masing-masing dimensi Smart City. Lebih lanjut dipaparkan bahwa smart governance, focus program adalah mewujudkan birokrasi yang bersih, handal dan profesional sehingga mampu menjalankan pemerintahan sesuai dengan prinsip tata kepemerintahan yang baik (good governance), melibatkan OPD diantaranya Sekretariat Daerah, Bappeda, BKAD, Dinas Dukcapil, Inspektorat, Bapenda, Kominfotiksandi, DPMPTSP serta Sekretariat DPRD. Sementara itu, smart branding menitik beratkan pada peningkatan daya saing daerah dengan penataan wajah  Kabupaten  Sumbawa dan  pemasaran  potensi daerah baik dalam lingkup lokal, nasional  maupun internasional dengan melibatkan OPD diantaranya Dinas Pemuda dan Olahraga, serta Dinas KUKM Perindag. Dimensi atau smart Economy berfokus pada perwujudan ekosistem yang mendukung aktifitas ekonomi masyarakat yang selaras dengan sektor  ekonomi unggulan daerah  yang  adaptif  terhadap  perubahan, dengan melibatkan Dinas Peternakan dan Keswan, Dinas Pertanian, Dinas Pangan, Dinas Kelautan dan Perikanan serta Dinas Nakertrans. Bahwa dalam rangka mewujudkan lingkungan tempat tinggal yang layak tinggal, nyaman, dan efisien, dituangkan dalam program smart living dengan 3 (tiga) area kerja diantaranya harmonisasi, mobilitas, dan pelayanan kesehatan dengan melibatkan OPD Dinas PUPR, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan serta RSUD. Pada smart society, mendorong terwujudnya ekosistem sosio-teknis masyarakat yang humanis dan dinamis, baik fisik maupun virtual untuk terciptanya  masyarakat  yang produktif,  komunikatif,   dan   interaktif dengan melibatkan Dinas Kominfotik, Dinas Sosial, Dinas KB, Dinas Dikbud, serta Satpol PP. sedangkan smart environment focus pada sasaran untuk mewujudkan Kabupaten Sumbawa yang Bersih, Elok, Aman dan Rapih dengan area kerja perlindungan, pengelolaan sampah serta penghematan energy dengan melibatkan Dinas Lingkungan Hidup, PRKP serta Dinas Pertanian.
Dari keenam smart yang ada, program unggulan yang dipilih sebagai quickwin program adalah pengelolaan peternakan dengan pemanfaatan teknologi informasi berupa penggunaan aplikasi atau system informasi jaringan peternakan sebagai bagian dari smart economy. SiJINAK sendiri merupakan aplikasi sebagai  pendukung kegiatan : e-Registrasi Ternak, e-Vaksinasi Ternak, e-Perizinan Pengeluaran Ternak, serta e-Money Pelaku Usaha Ternak dalam membayarkan retribusi dari usaha ternak yang dilaksanakan.

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • AKSELERASI PDRB PERKAPITA KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2023 TUMBUH POSITIF MELAMPAUI PROVINSI NTB

    Tinjauan perekonomian dapat dilihat dari dinamika Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang merupakan Nilai Tambah Bruto (NTB) seluruh barang dan jasa yang tercipta atau dihasilkan di wilayah domestik suatu negara yang timbul akibat berbagai aktivitas ekonomi dalam suatu periode tertentu tanpa memperhatikan apakah faktor produksi yang dimiliki residen atau non-residen.

    Inflasi Kabupaten Sumbawa Pada Bulan Maret 2024 mencapai 4,06 persen (year on year / y-on-y)

    Pengukuran inflasi Kabupaten Sumbawa tahun 2024 sudah dilakukan secara reguler setiap bulan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumbawa. Angka inflasi ini tentu sangat berharga dalam menopang kualitas perencanaan pembangunan Kabupaten Sumbawa.

    Penandatanganan Perjanjian Kinerja Tahun 2024 Diskominfotiksan, Langkah Mewujudkan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah

    Pejabat Administrator, Pejabat Fungsional dan Pelaksana di lingkungan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa melakukan penandatanganan Perjanjian Kinerja (PK) Tahun 2024 yang berlangsung di Ruang Rapat Utama, pada Senin (25/3/2024). Perjanjian Kinerja tersebut merupakan langkah penting dalam mewujudkan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah Dinas Kominfotiksan.