BERITA

KADIS KOMINFOTIKSANDI PIMPIN LANGSUNG MONEV PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN TELEKOMUNIKASI DI PULAU MEDANG

Senin, 27 Mei 2024   JUFRIE   150  

Menara Telekomunikasi merupakan salah satu infrastruktur pendukung utama dalam penyelenggaraan telekomunikasi seluler, yang memastikan pengelolaan manajemen menara telekomunikasi atas seluruh asset menara, dan semua asset lain yang terdapat dalam area sekitar menara (Site). Setidaknya elemen utama dalam sistem manajemen menara telekomunikasi, yaitu konstruksi menara, perangkat telekomunikasi, geolokasi dan identitas hukum.

Pelaksanaan Monev Pengawasan dan Pengendalian  Menara Telekomunikasi di Kabupaten Sumbawa merupakan salah satu langkah  untuk mengatasi persoalan-persoalan yang dapat mengganggu ataupun menghambat operasionalisasi perangkat telekomunikasi.

Sehubungan dengan hal tersebut Tim Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap menara telekomunikasi di wilayah kepulauan yaitu Pulau Medang Kecamatan Labuhan Badas, pada Jumat (24/05/2024).

Hadir dalam rombongan Monev Wasdal Kadis Kominfotiksandi, Camat Labuhan Badas, Kepala Bidang TI, Kepala Bidang PIKP, serta tim pendukung lain baik dari Diskominfotiksandi maupun dari Kantor Kecamatan Labuhan Badas.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sumbawa, Drs. Hasanuddin dalam keterangannya menyatakan bahwa “Pengawasan dan pengendalian secara umum dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pelayanan jaringan komunikasi BTS Kominfo, termasuk juga provider yang beroperasi di Kabupaten Sumbawa”. Sehingga melalui Monev Wasdal menara ini, tim Dinas Kominfotiksandi dapat memperoleh data dan fakta berkaitan dengan kondisi menara serta memastikan berfungsi tidaknya menara tersebut.dan data tentang existensi menara akan dijadikan sebagai acuan dalam memantapkan koordinasi untuk peningkatan kalitas pelayanan telekomunikasi dengan memberikan temuan (finding) dan rekomendasi atas satuan Site Menara Telekomunikasi. (jk)

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Kadis Kominfotiksandi Kabupaten Sumbawa Hadiri Penandatanganan Serentak Dokumen Pinjam Pakai Lahan BTS BAKTI di Makassar

    Sehubungan dengan Pelaksanaan Program Penyediaan dan Pembangunan Infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) BAKTI serta Infrastruktur Pendukungnya, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) mengundang pemerintah daerah dalam penandatanganan dokumen pinjam pakai lahan Base Transceiver Station (BTS) BAKTI. Penandatanganan dokumen ini dilaksanakan secara serentak yang langsung disaksikan Direktur Utama BAKTI Fadhilah Mathar di Jasmine Hall, Claro Hotel Jl AP Pettarani, Makassar, Kamis (18/7/2024).

    TREND POSITIF INDEKS MASYARAKAT DIGITAL (IMDI) KABUPATEN SUMBAWA

    Indeks Masyarakat Digital Kabupaten Sumbawa terus meningkat. Hal ini ditunjukkan berdasarkan data survey Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI) Kementerian Kominfo, Indeks Masyarakat Digital Kabupaten Sumbawa bergerak dari angka 37,52 pada tahun 2022, meningkat menjadi 41,28 pada tahun 2024.