BERITA

Fenomena Indikator Demografi: Sex Ratio Penduduk Kabupaten Sumbawa Terus Tergerus Turun

Selasa, 06 Agustus 2024   Jufrie   806  

Jumlah penduduk Kabupaten Sumbawa diperkirakan terus bertambah hingga mencapai enam ratus ribu lebih pada tahun 2035. Hal ini berdasarkan proyeksi jumlah penduduk oleh Badan Pusat Statistik dan menjadi basis data dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Sumawa 2025-2045. Meskipun demikian, laju pertumbuhan diperkirakan terus melambat dan akan mencapai angka di bawah 0,2 persen. Perlambatan pertumbuhan penduduk sebagai hasil dari terus menurunnya tingkat fertilitas. Penurunan tingkat fertilitas diikuti dengan peningkatan usia harapan hidup, yang mengindikasikan keberhasilan berbagai intervensi program pembangunan. Di sisi lain, indikator kependudukan pada piramida penduduk menunjukkan struktur penduduk Kabupaten Sumbawa pada Sensus Penduduk 2020 didominasi oleh penduduk usia produktif dan diperkirakan masih berada pada periode bonus demografi. Secara nasional, dalam jangka panjang, Indonesia bergerak menuju ageing population. Trend ini juga menjadi irisan trend di Kabupaten Sumbawa. Struktur penduduk yang dinamis ini mendorong adanya kebutuhan pemutakhiran data kependudukan serta proyeksi penduduk di masa depan untuk menjadi acuan dalam menyusun rencana pembangunan.

Mencermati beberapa indikator demografi (kependudukan) Kabupaten Sumbawa, menurut Sekdis Kominfotiksandi, Jufrie, S.Si., MM, terdapat fenomena cukup menarik dari data indikator kependudukan Kabupaten Sumbawa yaitu Sex ratio (rasio jenis kelamin) penduduk Kabupaten Sumbawa secara agregat dapat dikategorikan dalam interpretasi seimbang saat ini, namun jika memperhatikan trend sex ratio (rasio jenis kelamin) tersebut tampak sangat jelas dari data 5 tahun terakhir yang menunjukkan trend yang menurun secara konsisten. Merujuk data BPS Kabupaten Sumbawa, sex ratio penduduk Kabupaten Sumbawa terus tergerus di bawah 100 dari 106 pada tahun 2019, turun menjadi 99,61 pada tahun 2020, hingga menjadi 98,89 pada tahun 2023.

Lebih lanjut Sekdis menjelaskan, “jika kondisi ini didekatkan berdasarkan skenario tren, maka angka sex ratio tentu terproyeksi meluruh turun”. Proyeksi skenario lain yaitu moderat dan optimis mungkin menghasilkan perkiraan angka yang lebih besar seiring dengan transformasi ekonomi yang diarahkan selaras dengan proyeksi penduduk, sehingga menggambarkan kondisi yang paling diinginkan di masa depan melalui penerapan berbagai intervensi kebijakan, tambah Sekdis.

Sex ratio merupakan rasio penduduk laki-laki dan rasio penduduk perempuan dalam populasi di wilayah tertentu dan pada waktu tertentu, dan menyatakan jumlah per 100 perempuan. Angka sex ratio lebih besar dari 100 menggambarkan bahwa jumlah penduduk laki-laki lebih banyak dari penduduk perempuan. Dan sebaliknya, angka sex ratio lebih kecil dari 100 menggambarkan bahwa jumlah penduduk perempuan lebih banyak dari penduduk laki-laki

"Pada 2023, sex ratio penduduk Kabupaten Sumbawa sebesar 98,89, artinya terdapat 99 laki-laki untuk tiap 100 perempuan, hal ini mengindikasikan bahwa penduduk kabupaten Sumbawa memiliki junlah penduduk perempuan lebih besar daripada jumlah penduduk laki-laki”, terang Sekdis.

Data relasi sex ratio dari perspektif gender, khususnya tentang keseimbangan pembangunan antara populasi laki-laki dengan populasi perempuan, tentu berimplikasi dalam rumusan rencana pembangunan. Angka ini dapat dipandang sebagai indikator kesejahteraan sosial dan hal ini dapat mencerminkan resistensi stabilitas sosial dan ketahanan populasi. Sehingga kondisi ini dapat dijadikan sebagai dasar dalam pemenuhan berbagai ragam aspek pelayanan, dengan perkembangan jumlah penduduk laki-laki dan perempuan. (jk)

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Pemasangan 55 Titik Akses Internet BAKTI di Kabupaten Sumbawa mulai dikerjakan

    amis, 5 September 2024 – Kepala Diskominfotiksan Kabupaten Sumbawa yang diwakili Kepala Bidang Teknologi Informatika, Heri Kusmanto, S.Sos.,M.M menerima kunjungan silaturrahim dari Koordinator Lapangan dari PT. Paramitra Inti Mega selaku vendor yang akan memasang 55 titik akses internet di Kabupaten Sumbawa sebagai mitra Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo RI. FHADZ FEMBRYANT selaku Koordinator Lapangan untuk wilayah Nusa Tenggara Barat menyatakan bahwa silaturrahim ini sekaligus koordinasi dan konsolidasi awal sebelum melakkan pekerjaan instalasi di lapangan.

    Penduduk Perempuan Kabupaten Sumbawa Memiliki Peluang Hidup Lebih Panjang Dibandingkan Laki-Laki

    Angka harapan hidup (AHH) penduduk Kabupaten Sumbawa secara linier terus melaju semakin meningkat. Rata-rata Angka Harapan Hidup penduduk Kabupaten Sumbawa per tahun 2023 adalah 72,41 (72-73 tahun). Hal ini terlihat dari publikasi yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumbawa dalam rilis Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sumbawa, dimana UHH merupakan komponen pembentuk IPM pada sisi derajat kesehatan.

    Inflasi y-on-y Kabupaten Sumbawa Pada Bulan Juli 2024 Sebesar 1,14 persen

    Berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumbawa,(1/8/2024), sebagaimana dikutip dari Berita Resmi Statistik (BRS), pada Juli 2024 terjadi inflasi year on year (y-on-y) Kabupaten Sumbawa sebesar 1,14 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 105,65. Angka ini merupakan angka inflasi tahunan dari periode Juli 2023 dengan IHK 104,46 pada Juli 2023.. Sedangkan perkembangan month to month (m-to-m) yang merupakan perkembangan dari periode bulan lalu (Juni 2024) terjadi deflasi sebesar 0,29, persen. Begitu juga pada pekembangan year to date (y-to-d) sebagai kumulatif dari 1 Januari – 31 Juli 2024 ini terjadi deflasi sebesar 1,19 persen.