Kepala Dinas Kominfotiksandi Kabupaten Sumbawa, melalui Sekretaris Dinas, Jufrie, S.Si., MM melansir data Badan Pusat Statistik terkait perkembangan Indeks Harga Konsumen Kabupaten Sumbawa periode November 2024 terjadi inflasi year on year (y-on-y) Kabupaten Sumbawa sebesar 0,64 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 106,35. Pada periode November 2024 juga tercatat tingkat deflasi month to month (m-to-m) sebesar 0,12 persen dan tingkat deflasi year to date (y-to-d) sebesar 0,53 persen, lanjut Sekdis.
Berdasarkan Berita Resmi Statistik (BRS) BPS Kabupaten Sumbawa, Inflasi y-on-y terjadi masih disebabkan karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya hampir seluruh indeks kelompok pengeluaran, yaitu: kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,70 persen; kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,12 persen; kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,70 persen; kelompok kesehatan sebesar 1,26 persen; kelompok transportasi sebesar 0,25 persen; kelompok rekreasi, olahraga dan budaya sebesar 5,46 persen; kelompok pendidikan sebesar 0,75 persen; kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 0,89 persen; dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 9,18 persen..
Komoditas yang dominan memberikan andil/sumbangan inflasi y-on-y pada November 2024, antara lain: Emas Perhiasan, tomat, cumi-cumi, ikan teri, kacang panjang, Sigaret Kretek Mesin (SKM), daging ayam ras, Sigaret Kretek Tangan (SKT), Sigaret Putih Mesin (SPM), anggur, jeruk, bawang merah, ayam hidup, rekreasi, sepeda motor, minyak goreng, ketimun, batu bata/ batu tela, gula pasir dan bakso siap santap. Sedangkan komoditas yang memberikan andil/ sumbangan deflasi y-on-y, antara lain: cabai rawit, beras, ikan kembung/ikan gembung/ikan banyar/ikan gembolo/ikan aso-aso, ikan tongkol/ikan ambu-ambu, kangkung, ikan layang/ ikan benggol, terong, udang basah, jagung manis, cabai merah, bensin, tauge/kecambah, bahan bakar rumah tangga, bayam, celana panjang jeans pria, semen, shampo, ikan bandeng/ikan bolu, tempe dan asam.
.Sementara komoditas yang dominan memberikan andil/sumbangan inflasi m-to-m pada November 2024, antara lain: tomat, bawang merah, emas perhiasan, kol putih/kubis, cumicumi, ikan tongkol/ikan ambu-ambu, jeruk, daging ayam ras, ikan bandeng/ikan bolu, jeruk nipis/limau, minyak goreng, Sigaret Putih Mesin (SPM), hand body lotion, pasta gigi dan pembalut wanita serta bayam..
Pada November 2024, kelompok pengeluaran yang memberikan andil/sumbangan inflasi y-on-y, yaitu: Kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,49 persen; kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 0,08 persen; kelompok rekreasi, olahraga dan budaya sebesar 0,06 persen; pakaian dan alas kaki sebesar 0,03 persen; perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,03 persen; kesehatan sebesar 0,03 persen; transportasi sebesar 0,03 persen; pendidikan 0,02 persen; dan perumahan, air, listrik dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,01 persen.. (JK)
Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfotiksandi) Kabupaten Sumbawa merencanakan sejumlah program unggulan untuk tahun 2025, dengan fokus pada penguatan tata kelola komunikasi, informatika, statistik, dan persandian. Rencana kerja tahun ini mengacu pada visi dan misi yang telah ditetapkan sebelumnya dan tetap sejalan dengan rencana strategis serta RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) yang akan berakhir di Tahun 2025 dan akan diperbaharui setelah pelantikan Bupati tahun 2025-2030. Diskominfotiksandi Sumbawa mempunyai visi yaitu menjadi penggerak utama dan katalisator tata Kelola urusan pemerintahan komunikasi, informatika, statistik dan persandian yang unggul dalam rangka mewujudkan visi Sumbawa Gemilang yang berkeadaban, kemudian pada misi terdapat 2 misi, yaitu pertama mewujudkan Sumbawa bersih dan melayani melalui peningkatan kapasitas dan kualitas pelayanan komunikasi, informatika, statistik dan persendian, dan kedua mewujudkan Sumbawa tangguh dan berkelanjutan melalui pembangunan dan sinergitas tata kelola komunikasi, informatika, statistik dan persandian. Strategi utama untuk mencapai visi dan misi adalah dengan menjalankan tugas dan fungsi Kominfo yang mencakup empat bidang utama: PIKP, TI, statistik, dan persandian. Beberapa strategi yang dijadikan tujuan dalam rencana kerja tahun 2025 adalah meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM, memperkuat layanan Kominfo, layanan statistik,dan layanan persandian. Meningkatkan kapasitas tata kelola data statistik sektoral, mengelola dan memanfaatkan data, serta mengintegrasikan data berbasis IT, jadi untuk mencapai tujuan ini, penting untuk memperbaiki kualitas dan menambah kualtitas SDM, meningkatkan sarana dan prasarana, serta meningkatkan kualitas layanan.
Logo Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sumbawa dirancang untuk menyampaikan pesan utama, yaitu optimisme. Pesan ini selaras dengan moto HUT: "Memantapkan fondasi menuju Sumbawa unggul, maju, dan sejahtera dalam semangat kebersamaan dan berkelanjutan."
Kemajuan teknologi yang semakin canggih diera sekarang menjadi jembatan yang menghubungkan masyarakat dengan kemudahan baik itu dalam ranah perbelanjaan online, telekomunikasi, dan pembuatan surat menyurat berupa dokumen kependudukan. Kemajuan teknologi informasi yang pesat dengan potensi pemanfaatan yang sangat luas, menyediakan peluang bagi pengaksesan, pengelolaan, dan penggunaan teknologi informasi dalam jumlah yang sangat besar.