Partisipasi Diskominfotiksandi di dasari oleh rasa tanggung jawab terhadap implementasi undang undang. Menurut bapak Karman, ia merasa wajib untuk mengikuti anugerah keterbukaan informasi publik seperti yang tertera di undang undang nomor 14 tahun 2008. Pak karman melakukan upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarkat dalam mengakses informasi publik dengan melakukan sosialisasi melalui media sosial (website ppdd kabupaten sumbawa) dengan catatan data yang di tampilkan merupakan data terbaru. Timbal balik dari masyarakat dapat di lihat dari banyaknya masyarakat yang mengakses website yang telah di siapkan, adanya tanggapan dari masyarakat juga menjadi bukti keberhasilan dari media yang telah disiapkan. Pak karman mengatakan bahwa selama pemerintahan melakukan keterbukaan dengan menyampaikan informasi yang benar, maka masyarakat akan memberikan apresiasi yang positive pada pemerintah. Untuk tantangan utama dalam menghadapi keterbukaan informasi publik ini sendiri ialah sumber daya manusia, baik sumber daya manusia dari pengelola, maupun sumber daya manusia dari masyarakat. Pak karman sendiri memiliki beberapa ide yang bisa di gunakan untuk meningkatkan anugerah keterbukaan informasi public yaitu dengan melakukan studi banding, menjaga konsistensi dalam menyediakan data data terbaru yang akurat agar mempermudah masyarakat untuk mengakses informasi. Bapak karman sendiri berperan sebagai pengelola informasi web di bidang PIKP Diskominfotiksandi. Pak karman berharap website yang di sediakan bisa menambah wawasan dan juga bisa menjadi alat untuk menjembatani hubungan antara masyarakat dan pemerintah agar meminimalisir kesalah pahaman yang terjadi. Untuk tahapan penilaian dari anugerah keterbukaan informasi publik ini yaitu dimulai dengan komisi informasi memberikan PIKP semacam kuisioner yang harus di isi, kemudian adanya pisikasi (anggota komisi informasi mengunjungi anggota PIKP untuk memastikan kebenaran isi dari kuisioner dengan kenyataan yang ada di lapangan), tahapan penilaian ini di lakukan oleh komisi informasi provinsi.
Logo Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sumbawa dirancang untuk menyampaikan pesan utama, yaitu optimisme. Pesan ini selaras dengan moto HUT: "Memantapkan fondasi menuju Sumbawa unggul, maju, dan sejahtera dalam semangat kebersamaan dan berkelanjutan."
Kemajuan teknologi yang semakin canggih diera sekarang menjadi jembatan yang menghubungkan masyarakat dengan kemudahan baik itu dalam ranah perbelanjaan online, telekomunikasi, dan pembuatan surat menyurat berupa dokumen kependudukan. Kemajuan teknologi informasi yang pesat dengan potensi pemanfaatan yang sangat luas, menyediakan peluang bagi pengaksesan, pengelolaan, dan penggunaan teknologi informasi dalam jumlah yang sangat besar.
SP4N-LAPOR! (Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) adalah platform nasional yang memungkinkan masyarakat menyampaikan aspirasi, pengaduan, atau keluhan terkait pelayanan publik secara daring. Di Kabupaten Sumbawa, implementasi SP4N-LAPOR! dikelola oleh Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiksandi) Kabupaten Sumbawa. Dengan adanya saluran pengaduan yang terintegrasi, pemerintah daerah dapat lebih responsif dalam menindaklanjuti keluhan masyarakat, sehingga kualitas pelayanan publik dapat ditingkatkan. SP4N-LAPOR! memungkinkan masyarakat memantau proses penanganan pengaduan mereka, mendorong transparansi dan akuntabilitas dalam pemerintahan daerah.