BERITA

Banjir Terjang Kecamatan Empang-Tarano, 7.026 Jiwa Terdampak

Jumat, 07 Desember 2018   Admin   550  
Sumbawa Besar, MediaCenter.??Kabupaten Sumbawa kembali dihentakkan dengan kejadian bencana alam. Setelah gempa bumi beberapa waktu yang lalu, kembali Banjir menerjang wilayah kecamatan di wilayah timur Kabupaten Sumbawa. Intensitas hujan yang cukup tinggi yang terjadi pada hari Kamis (6/12/2018) yaitu dari jam 16.00 WITA sampai dengan jam 20.00 WITA di wilayah hulu Sungai Lagenti Kecamatan Empang, kemudian sekitar pukul?? 22.30 WITA dampak hujan diwilayah hilir Sungai Lagenti air meluap masuk ke pemukiman warga dini hari sekitar pukul 01.00 Wita, Jum??at (7/12/2018). Demikian disampaikan Sekretaris Pelaksana BPBD Kabupaten Sumbawa Drs. Ahmad dalam laporannya kepada Bupati Sumbawa. ??Akibatnya sebanyak 1.727 rumah warga terendam di Kecamatan Empang dan 1 rumah dan sebanyak 7.026 jiwa terdampak banjir. [caption id="attachment_5620" align="alignright" width="300"] Salah satu potret pemukiman terdampak banjir (7/12/2018)[/caption] ???Setelah mendapat laporan, kami langsung bergerak menuju lokasi bencana bersama Dinas Sosial, Bagian Pemerintahan, Bagian Humas dan Protokol, TRC-PB, Tagana, Pramuka,?? ujar Ahmad. Seklak BPBD Sumbawa menambahkan, bahwa untuk Kecamatan Empang tercatat di Desa Empang Atas sebanyak 481 rumah terendam banjir, di Desa Empang Bawah sebanyak 816 rumah terendam banjir, di Desa Pamanto 116 rumah terendam banjir, di Desa Bunga Eja sebanyak 247 rumah terendam banjir dan di Desa Jotang sebanyak 60 rumah terendam banjir. Sedangkan di Kecamatan Tarano tepatnya di Desa Bantulanteh sebanyak 1 rumah hanyut. Dilaporkan bahwa tidak ada korban jiwa pada kejadian banjir ini. BPBD dan instansi terkait bersama-sama dengan Pemerintah Kecamatan Empang dan Tarano serta seluruh perangkat des terus melakukan penanganan serta inventarisasi dampak-dampak banjir ini. (ra/mckabsumbawa)  
  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Dalam Rangka Memperkuat Kerangka Implementasi Smart City Kabupaten Sumbawa, Diskominfotiksandi Menggelar Review Dokumen Master Plan Smart City

    Bertempat di Ruang Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa, Kepala Dinas, Bapak Drs. Hasanuddin memimpin pembahasan dokumen review Master Plan Smart City Kabupaten Sumbawa yang disiapkan oleh Bidang Teknologi Informatika selaku pengampuh yang diikuti oleh seluruh Kepala Bidang lingkup Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa, pada Senin (29/4/2024). Lebih lanjut, Kadis menyampaikan, “penyusunan dokumen review Masterplan Smart City Kabupaten Sumbawa, juga menjadi pemenuhan dalam menghadapi evaluasi tahunan Program 100 Smart City tahun 2024 ini, “ujar Kadis.

    Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) Kabupaten Sumbawa 2024

    Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumbawa mulai melaksanakan assisment EPSS tahun 2024. Tahapan EPSS ini dilakukan Badan Pusat Statistik selaku Pembina data Statistik sektoral. Kegiatan ini merupakan upaya penguatan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan dibagi-pakaikan antar Instansi Pemerintah, selain itu Penguatan Sistem Statistik Nasional (SSN) melalui penyelenggaraan statistik dasar, statistik sektoral, dan statistik khusus untuk menghasilkan data statistik berkualitas serta Pencapaian sasaran RB Nasional “Birokrasi yang bersih dan akuntabel” melalui pembangunan data pemerintah untuk digunakan dalam penyusunan kebijakan berbasis data/fakta.

    AKSELERASI PDRB PERKAPITA KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2023 TUMBUH POSITIF MELAMPAUI PROVINSI NTB

    Tinjauan perekonomian dapat dilihat dari dinamika Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang merupakan Nilai Tambah Bruto (NTB) seluruh barang dan jasa yang tercipta atau dihasilkan di wilayah domestik suatu negara yang timbul akibat berbagai aktivitas ekonomi dalam suatu periode tertentu tanpa memperhatikan apakah faktor produksi yang dimiliki residen atau non-residen.