BERITA

IPM Kabupaten Sumbawa 2023 Terus Melaju dan Melampaui Target RPJMD

Selasa, 30 Januari 2024   Admin   590  

Kinerja Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sumbawa terus menunjukkan trend positif, dimana pada 2023, meningkat 0,97 point dari tahun 2022 menjadi 71,68. Secara kualitatif, angka IPM Kabupaten Sumbawa berada pada kriteria “Tinggi”.

Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa, Bapak Jufrie, S.Si., MM disela-sela aktivitas pengolahan data Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Kabupaten Sumbawa tahun 2023, menyampaikan bahwa secara agregat IPM Kabupaten Sumbawa, memang pertumbuhannya positif yaitu mengacu pada data BPS selaku otoritas statistik dasar dalam rilis Berita Resmi Statistik, BPS Provinsi NTB tahun 2023. “Perhitungan IPM pada tahun 2023 terdapat perubahan tahun acuan dari SP2010 menjadi SP2020 menggunakan hasil Long Form SP2020 (SP2020-LF), dan berdasarkan perhitungan tersebut, IPM Kabupaten Sumbawa ukuran kualitatifnya naik dari kategori sedang menjadi kategori tinggi”, sambung Sekdis.

   

Lebih lanjut Sekdis menyampaikan, “komparasi angka IPM Kabupaten Sumbawa dengan target RPJMD, tampak bahwa capaian IPM tahun 2023 sudah melampaui target RPJMD, baik secara absolut maupun secara kategori yaitu berada pada posisi “kategori tinggi” dari target kategori sedang”.

“Melajunya angka IPM Kabupaten Sumbawa merupakan kontribusi percepatan komponen komposit penyusun IPM dan ini tentu menjadi indikator bahwa program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Sumbawa berdampak signifikan, yaitu pada dimensi kesehatan yang digambarkan oleh indikator Umur Harapan Hidup, dimensi pengetahuan digambarkan oleh indikator Harapan Lama Sekolah dan Rata-rata Lama Sekolah, serta dimensi standar hidup layak yang digambarkan oleh indikator Pengeluaran Per Kapita yang disesuaikan “, tutup Sekdis.

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • AKSELERASI PDRB PERKAPITA KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2023 TUMBUH POSITIF MELAMPAUI PROVINSI NTB

    Tinjauan perekonomian dapat dilihat dari dinamika Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang merupakan Nilai Tambah Bruto (NTB) seluruh barang dan jasa yang tercipta atau dihasilkan di wilayah domestik suatu negara yang timbul akibat berbagai aktivitas ekonomi dalam suatu periode tertentu tanpa memperhatikan apakah faktor produksi yang dimiliki residen atau non-residen.

    Inflasi Kabupaten Sumbawa Pada Bulan Maret 2024 mencapai 4,06 persen (year on year / y-on-y)

    Pengukuran inflasi Kabupaten Sumbawa tahun 2024 sudah dilakukan secara reguler setiap bulan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumbawa. Angka inflasi ini tentu sangat berharga dalam menopang kualitas perencanaan pembangunan Kabupaten Sumbawa.

    Penandatanganan Perjanjian Kinerja Tahun 2024 Diskominfotiksan, Langkah Mewujudkan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah

    Pejabat Administrator, Pejabat Fungsional dan Pelaksana di lingkungan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Sumbawa melakukan penandatanganan Perjanjian Kinerja (PK) Tahun 2024 yang berlangsung di Ruang Rapat Utama, pada Senin (25/3/2024). Perjanjian Kinerja tersebut merupakan langkah penting dalam mewujudkan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah Dinas Kominfotiksan.